[Masalah Berat Badan]
Mardiana esasafitri
Dok bb saya 61 tinggi 160 sya ingin diet tpi saya kb suntik yg tiga bulan.
Apakah kb sya pengaruh ke diet dan menu diet yg baik bagaimana
16:19 05/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Setiap wanita memiliki reaksi berbeda terhadap kontrasepsi hormonal.
Jika ada wanita yang mengalami kenaikan berat badan saat menggunakan alat kontrasepsi hormonal, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.
Faktor internal dapat berupa riwayat obesitas dari keluarga, sementara faktor eksternalnya adalah kandungan hormon pada alat kontrasepsi.
Penggunaan kontrasepsi hormonal dengan kadar estrogen yang tinggi dapat menyebabkan pengendapan lemak pada jaringan tubuh. Sementara itu, hormon progesteron dapat merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari biasanya. Progesteron mempermudah penumpukan karbohidrat dan gula menjadi lemak.
Berikut menu diet yg baik & benar:
1. Sarapan 07:00 > 1 cangkir (81 gram) oatmeal dimasak menggunakan 1 gelas (240 ml) susu almond
_1 cangkir (62 gram) irisan apel
_½ sdt bubuk kayu manis
_2 sdm (32 gram) selai kacang
2. Snack/cemilan 10:00 > 1 buah apel
3. Makan Siang 12:00 > nasi 100 gram, syur bening 50 gram, ikan/daging ayam tanpa 50 gram.
4. Snack/Cemilan Sore 15:00 > 1 buah jeruk
5. Makan malam 19:00 > Nasi 75 gram, udang bakar 50 gram, syur cmpur 50 gram
#Trmksih
01:48 06/08/2020