[Lainnya......]
Ratna Ayu
Met pagi dok, saya pasien PCOS kebetulan bb saya awal 58 di suruh nurunin skrg sdh 55 biar bisa ikut program hamil, kira2 mknn ap saja dok yg boleh sya makan?
09:10 07/08/2020
Ratna Ayu
Dan gmn caranya biar bisa turun lagi bb saya
09:11 07/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo mba Ratna, terimakasih sudah konsultasi di Dietducate :)
Saya perlu melakukan asessment terlebih dahulu agar saran saya sesuai dengan kondisi Anda.
1. Berapa tinggi badan Anda?
2. Bagaimana aktivitas harian, co : kerja kantoran
3. Ceritakan kebiasaan makan Anda dan porsinya (misal makan biasanya 3x sehari, pagi nasi uduk, telur, mendohan 2ptg, siang mie ayam, makan malam : nasi goreng babat, ngemil : gorengan 3x
4. apakah ada riwayat sakit maag, hipertensi, dll?
Mohon dijawab bila berkenan
Terimakasih :)
10:52 07/08/2020
Ratna Ayu
Tb 155 dok, ibu rmh tangga,waktu blm tau sehari 3x makan jorok dok tpi skrg lg mulai diet mkn siang aj itupun nasi dikit
11:40 07/08/2020
Ratna Ayu
Kemarin sempet muntah2 gara2 g keisi nasi asm lambung naik kayany
11:40 07/08/2020
terimakasih sudah berkenan menjawab.
PCOS bisa dikonsultasikan di obygn ya mba untuk pengobatannya, untuk makanan gunanya memperbaiki hormon, dan sel2 yg rusak, dan butuh waktu, tidak bisa makan A kemudian sehari kemudian langsung berefek, butuh waktu secara konsisten 1-3 bulan.
TB 155 cm BB 55 kg IMT 22,9 termasuk status gizi normal.
kalori basal tubuh 1400 kal, kalori harian 2000 kal., karena ingin menurunkan berat badan, saya kurangi 300 kal, menjadi 1700 kal
Target 1 bulan ini membiasakan pola makan yg baik. Karna ada maag, tidak dianjurkan skip makan, makan pedas, makan porsi banyak dlm satu waktu, dan berlemak (nasi goreng, santen kental). Konsultasikan ke dokter agar lambung segera membaik agar menyerap nutrisi dengan maksimal.
Berikut contoh menu 1700 kal
Makan pagi : nasi putih 1,5 centong magic com ceper atau 100 gram, pecel, tempe bacem 1 buah (tidak overcooked), telur dadar 1 buah -> 500 kal
Selingan pagi 08.00: susu skim 120 kal
09.00 Olahraga zumba 30 menit
Makan siang 12.00 : Nasi putih 1,5 centong magic com ceper/100 gr, pepes ikan kakap+tahu, sayur asem 1 mangkok (sayuran mix labu siam, kacang tanah, kacang panjang, daun melinjo), jus buah jambu biji 1 buah+madu sbg pengganti gula 1 sdm -> 500 kal
Selingan : salad buah -> buah 2-3 potong mix co: semangka 1potong dan melon 1 potong, apel 1 buah dan pepaya 1 buah ditambah yogurt low fat ukuran kecil aja < 100 ml -> 200 kal
Makan malam : nasi putih 1 centong magic com ceper atau 80 gr, tumis ikan pindang, 1 mangkok sayur sop+ceker 2 buah -> 400 kal
blm bisa tidur karna laper : edamame rebus fresh, 1 genggaman aja -> 100 kal
Penjelasan :
1. yogurt : memperbaiki hormon
2. Sayuran dan buah mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2
3. menu ikan laut seperti tuna, kakap putih, tongkol, cakalang yg tidak digoreng (dikuah dan pepes) -> memperbaiki hormon dan sel yg bermasalah
4. air putih 8 gelas sehari
Apakah ada pertanyaan?
13:19 07/08/2020
Ratna Ayu
Yogurt g bikin gemuk dok
13:18 07/08/2020
Konsep gemuk dan kurus tergantung dari total kalori harian nya ya, kalo kelebihan ya disimpan dalam tubuh. Mka dari itu saya mencontohkan menu berserta porsi dn kalorinya
yogurt yakult 80 ml kalorinya 50 kal * gula cukup banyak 10gr, bila cup "low fat plain" 100 cc, 70-100 kalori, tinggi mana sama nasi 100 gram 180 kal, atau nasi goreng 100 gr, energinya 300 kal ?
Yogurt tujuannya mengambil manfaat probiotiknya untuk kesehatan saluran cerna dan memperbaiki keseimbangan hormon
13:31 07/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo k sdkit mnbhkan Artikel PCOS > buka dilink ini y:
https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/34/1/Diet-untuk-PCOS -(PolyCystic-Ovary-Syndrome)
06:25 13/08/2020