[Kehamilan]
anonim
Halo...selamat pagi
Saya deshinta, saya sedang mengikuti program IVF
Saya punya problem hormon progesteron tinggi, sehingga tindakan Embrio Transfer yg akan saya lakukan terhambat 3 bulan
Apakah Konsultan Gizi Indonesia ada tips makanan yg perlu dihindari / makanan yg baik untuk menurunkan hormon progesteron?
Terimakasih
10:58 08/08/2020
Halo
Makanan penyeimbang hormon yang dianjurkan untuk dikonsumsi:
1. Protein > Protein seperti kacang-kacangan, telur, dan ikan berlemak membantu menyediakan asam amino esensial untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit. Tak hanya itu, protein juga memengaruhi pelepasan hormon yang berperan untuk mengendalikan nafsu makan.
Oleh karena itu, protein membantu menjaga tubuh tetap ideal karena meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Bahkan, ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden, juga melindungi Anda dari mood yang buruk.
2. Sayuran cruciferous > Sayuran dari keluarga cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kol membantu mampu menyimbangkan hormon.
3. Lemak sehat > Lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa membantu mengurangi resistensi insulin dan nafsu makan. lemak sehat juga membantu memicu pelepasan hormon yang membantu Anda merasa lebih kenyang. Hal ini bertujuan agar Anda tak makan berlebih yang bisa meningkatkan risiko obesitas.
_& berikut mknn yg prlu dihindari yaitu:
1. Gula > Gula baik merah, putih, atau sirup jagung fruktosa tinggi perlu Anda hindari. Pasalnya, gula bisa membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang terutama pada wanita. Untuk itu, hindari asupan gula tambahan yang berlebih seperti dari minuman kemasan, permen, dan makanan serta minuman manis lainnya.
2. Roti putih > Roti putih mengandung gula dan gluten yang bisa meningkatkan risiko peradangan di dalam tubuh. Jika dikonsumsi berlebihan, hal ini nantinya bisa memicu stres pada kelenjar adrenalin, tiroid, dan gonad. Akibatnya, kadar hormon pun menjadi tidak stabil yang bisa memicu berbagai gangguan baik secara fisik.
#Trmksih
05:49 09/08/2020