[Masalah Berat Badan]
Sasa Bella
Assalamualaikum dok, saya sasa bella saya ingin menurunkan berat badan saya menjadi ideal, kirakira diet bagaimana yang cocok untuk saya dok, tinggi badan saya 160 dan beratbadan saya 70kg. Terimakasih dok
11:50 08/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Sasa, terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Diet yang cocok untuk menurunkan BB adalah Terprogram dengan menerapkan pola gizi seimbang ya kak di tambah olahraga teratur 4-5x seminggu 30 menit. BIla tidak terprogram, akan kurang baik hasilnya. Penurunan BB yg normal sekitar 1-2kg dalam sebulan, yang paling penting adalah mengubah kebiasaan makan menjadi lebih baik, dengan begitu kesehatan akan optimal bonusnya BB ideal.
Bila berkenan, saya perlu melakukan asesmen lebih lanjut agar saran saya sesuai dengan kondisi Anda.
1. Usia sekarang?
2. olahraga apa yang dilakukan rutin? sudah berapa lama melakukan olahraga tsb
3. Bagaimana aktivitas harian, co : kuliah
4. Ceritakan kebiasaan makan Anda dan porsinya (misal makan pagi nasi uduk, telur, mendohan 2ptg, siang mie ayam, makan malam : nasi goreng babat, ngemil : gorengan 3x
5. Apakah ada riwayat sakit maag?
Mohon djawab ya kak :)
06:11 09/08/2020
Sasa Bella
Baik dok, usia saya mau 19th lalu setiap harinya saya olahraga ringan gitu dok kaya pemanasan gitu sekitar 10menitan ditambah jalankaki, kemudian aktivitas hariannya saya sering mengantar ibu saya kepasar dan itu jalan kaki dok muterin pasar gitu😂 dan karna kuliahnya masih libur juga kadang rebahan dikit. Kalau makan pagi saya nasi sama sayuran, tempe gorengan, siangnya kadang makan nasi sama lauknya gorengan tapi tetep makan sayur lagi lalu malamnya kadang juga makan mie. Saya ada riwayat sakit maag. Terimakasih dok:)
18:38 07/09/2020
Baik kak, Untuk energi basal (organ atau tubuh bekerja) sekitar 1500 kalori sedangkan kalori/energi untuk aktivitas kakak sekitar 1900 kal. Coba yg didigoreng dibatasi sehari sekali ya kak. Ini contoh menu 1800-1900 kalori 1 centong magic com ceper 50 gr atau 1 centong magic com cekung 70 gr Sarapan 06.00 Nasi 1,5 centong magic com cekung (100 gr), sup ayam (isian ayam 1 potong dada, brokoli, wortel, buncis, tahu), buah pisang 1 potong = 600 kal, prot 25 gr Snack pagi : susu skim low fat/no fat 3 sdm + air 250 ml = 150 kal, prot 8 gr Makan siang : Nasi 2 centong magic com cekung 150 gr, scramble egg (minyak sedikit), tumis kacang panjang + toge kedelai + teri+ tahu ukuran 2-3 sendok sayur, buah jeruk 1buah = 500 kalori, prot 24 gr Snack sore : alpukat 1/2 buah kecil 100 kalori Makan sore/malam : Nasi 1,5 centng magic com cekung 100 gr, sayur bayam (bayam+gambas+wortel+jagung) ukuran ampas 2-3 sendok sayur, pepes kakap+tahu 1 potong, buah melon 1 potong besar = 400 kalori Malam : buah 1 potong kecil, Catatan : 1. Makan dgn gizi seimbang 3x makan utama, 2x snack, seperti diatas ya 2. Minum air putih 8 gelas sehari. Contohnya ini ya kak, apakah ada pertanyaan?
13:08 17/09/2020