[Masalah Berat Badan]
Ami Avivi
Setiap saya ingin diet walaupun hanya sedikit pasti langsng tidak haid, bagaimana ya baiknya
16:49 08/08/2020
Trmksih telah konsultasi menggunakan dietducate:
Diet yang tidak benar penerapannya dapat mengganggu keseimbangan hormonal sehingga menstruasi pun terganggu. Lemak merupakan suatu komponen tubuh yang diperlukan dalam pembentukan hormon. Komposisi lemak yang tidak seimbang di dalam tubuh dapat mempengaruhi kadar hormon, termasuk hormon kewanitaan, sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi.
Yang bisa kita lakukan untuk memiliki siklus haid yang teratur yaitu dgn mengatur pola makan > Jangan kebanyakan ngemil yang manis-manis atau asin-asin. Batasi juga konsumsi makanan instan.
Kebanyakan mengonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh bisa mengganggu siklus haid. Tapi diet terlalu ketat juga nggak baik. Tubuh tetap butuh nutrisi dan mineral yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik.
Penting untuk memiliki pola makan yang sehat demi mendapat siklus haid yang teratur. Caranya? Dengan perbanyak konsumsi makanan-makanan sbb:
_Konsumsi Biji-Bijian Utuh (Whole Grains) > sumber karbohidrat yang terdapat di biji-bijian utuh (whole grains) mengandung vitamin B, protein, dan serat. Selain itu indeks glikemiknya juga rendah.
Sehingga dengan mengonsumsi bijian-bijian utuh seperti sereal dari gandum utuh bisa bantu menjaga kestabilan gula darah. Selain itu bisa bantu menjaga energi positif dan mood. Sereal yang diperkaya dengan zat besi juga akan sangat baik untuk mencegah anemia saat sedang sedang haid.
_Perbanyak Sayur dan Buah-Buahan Segar
Agar siklus haid teratur, kita perlu menjaga keseimbangan hormon. Dan salah satu cara untuk menjaga keseimbangan hormon adalah mengonsumsi banyak sayur dan buah. Wortel, paprika merah, buah jeruk, stroberi, mangga, hingga kecambah dan ubi manis sangat baik untuk dikonsumsi. Tapi pastikan pilih yang masih benar-benar segar, ya.
_Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3 > Ikan tuna, ikan salmon, telur ayam, telur bebek, kacang-kacangan, sayur bayam, sayur kangkung, kembang kol, yogurt, brokoli, selada, dan ikan air tawar merupakan makanan yang mengandung omega 3. Kita tetap butuh sumber lemak sehat agar tubuh bisa berfungsi dengan baik termasuk memiliki siklus haid yang rutin. Selain itu, mengonsumsi omega 3 yang cukup bisa bantu mengatasi gejala PMS dan meredakan nyeri haid.
Selain mengatur pola makan, penting juga untuk menjaga kestabilan emosi agar tdk stres dan cukupi kebutuhan istirahat. Dengan begitu, ibu bisa mendapat siklus haid yang lebih teratur.
#Trmksih
_Perbanyak Sayur dan Buah-Buahan Segar
#Trmksih
00:18 09/08/2020