[Masalah Berat Badan]
Sallsa Billa
Hai kak, tanya nih gimana sih caranya menurunkan berat badan, olahraga ya jarang, soalnya lg disibukkan dgn kerja kak
14:06 09/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo
Cara menurunkan berat badan membutuhkan komitmen, disiplin, dan perencanaan yang baik. Meski tidak mudah, berat badan ideal bukanlah hanya mimpi belaka saja. Anda bisa melakukan beragam cara menurunkan berat badan, agar bobot Anda menjadi sehat dan ideal.
_Tepati Waktu Makan dan Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang > Makan teratur dan tidak melewatkan waktu makan, misalnya sarapan pagi, justru sangat penting saat menurunkan berat badan. Pola makan tidak teratur akan membuat Anda semakin lapar dan cenderung makan berlebihan. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:
1. Beragam buah dan sayur minimal 5 porsi sehari, atau secara ideal 7-9 porsi. Anda dapat menjadikannya sebagai camilan di antara waktu makan. Buah merupakan camilan sehat untuk Anda.
2. Makanan sumber karbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, kentang dan pasta sebanyak sepertiga dari porsi makan. Sumber karbohidrat terbaik adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh (whole grain), buah, dan sayuran, misalnya bengkoang.
3. Pilih sumber protein rendah lemak, seperti ikan.Beberapa jenis ikan yang dapat Anda pilih antara lain salmon, tuna, tongkol, dan ikan tenggiri. Pilihan makanan sumber protein lainnya adalah telur, daging unggas, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.
_Sebaliknya ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda batasi selama menurunkan berat badan:
1. Daging dengan lemak, keju, mentega, susu, serta makanan yang digoreng. Pilih yang memiliki kandungan kalori lebih rendah, seperti daging dada ayam atau susu rendah lemak.
2. Makanan gorengan. Sebaiknya pilih makanan yang diolah dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.
3. Makanan asin atau tambahan garam pada makanan.
4. Cokelat, biskuit, kue, dan makanan serta minuman manis lainnya.
5. Makanan tinggi lemak, seperti makanan siap saji
_Bergerak Lebih Aktif
Meningkatkan aktivitas fisik dengan rutin olahragamenjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dalam proses penurunan berat badan. Ini merupakan cara menurunkan berat badan yang penting. Adapun jenis olahraga dan waktu yang diperlukan untuk berolahraga tergantung dari usia dan kondisi fisik Anda.
Untuk menurunkan berat badan, setidaknya Anda harus tetap aktif membakar kalori. Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, Anda bisa mencoba beberapa olahraga berikut ini setidaknya 30 menit per hari:
1. Aerobik air, dapat membakar kalori sebanyak 160 kalori.
2. Jalan cepat dan menanjak, membakar setidaknya 250 kalori.
3. Bermain dengan anak-anak, sekitar 160 kalori.
4. Berenang, membakar 400 kalori.
_Berikut beberapa cara menjaga berat badan idealsetelah berhasil menurunkannya, yaitu:
1. Tetap rutin berolahraga
Olahraga adalah cara yang sangat penting untuk menjaga agar berat badan tetap stabil. Setidaknya, rutinlah berolahraga selama 30 menit setiap hari dalam satu minggu.
2. Usahakan untuk tidak meninggalkan sarapan pagi:
Sarapan pagi merupakan faktor penting untuk menjaga berat badan. Sarapan pagi yang sehat dapat membantu agar Anda tidak makan berlebihan di siang hari.
3. Ubahlah gaya hidup:
Dengan menerapkan gaya hidup sehat, berat badan Anda akan lebih terkontrol dan tubuh menjadi lebih sehat tentunya. Jika berat badan sudah berhasil turun, jangan kembali pada gaya hidup sebelumnya yang dapat membuat berat badan naik kembali.
#Trmksih
18:19 09/08/2020