[Lainnya......]
Teresa Pandjaitan
Halo min,izin konsultasi.
Kenapa ya, bb saya susah naik?
Udh ngemil, minum susu, porsi makan sedikit tp sering.
Kira2,apa yg harus saya perbaiki dlm pola makan?
Thank you!
01:08 10/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo,
Penyebab Berat Badan Susah Naik > Secara garis besar, penyebab berat badan susah naik adalah tidak seimbangnya antara asupan energi dengan tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh. Akibatnya, tidak ada penimbunan kalori yang bisa menjadi lemak.
Berikut ini beberapa penyebab berat badan susah naik yang perlu Anda ketahui:
1. Makanan yang Dikonsumsi Kurang Kalori > Banyak kasus di mana seseorang sudah banyak makan, namun tetap saja berat badan tidak mengalami kenaikan. Jangan buru-buru berasumsi kalau ada yang tidak beres dengan tubuh Anda karena bisa jadi, ini terkait dengan menu makanan yang dikonsumsi.
Kenaikan berat badan nyatanya tidak ada hubungannya dengan seberapa banyak dan sering Anda makan. Jawaban dari semua ini tak lain adalah kadar kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan-makanan tersebut. Percuma jika Anda makan makanan yang mengandung sedikit kalori seperti kripik, kue, dan gorengan.
Jika Anda memang ingin menaikkan berat badan, maka sering-seringlah mengonsumsi makanan tinggi kalori (namun tetap bernutrisi), biasanya terdapat dalam makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti:
Nasi,Roti gandum, Oats, Daging, Telur. Ikan, Kacang-kacangan, Susu.
2. Racun di Dalam Tubuh Belum Terdegradasi dengan Sempurna > Penyebab berat badan susah naik juga bisa jadi karena masih adanya sisa-sisa racun atau kotoran di dalam tubuh, terutama di bagian usus, yang belum terbuang sehingga menghasilkan kerak. Jika ini yang terjadi, tentu saja tubuh akan kesulitan untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan zat gizi lainnya yang diperlukan untuk menambah massa tubuh.
Lalu, mengapa tubuh bisa kedatangan banyak racun dan kotoran tersebut?
Makanan cepat saji dan makanan kemasan menjadi salah satu penyebab utamanya karena metode pengolahannya yang kemungkinan kurang higienis. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi atau kalau perlu hindari mengonsumsi makanan-makanan cepat saji jika ingin berat badan badan naik.
3. Gangguan Metabolisme Tubuh > Metabolisme tubuh yang sangat cepat juga menjadi faktor penyebab berat badan susah naik. Seberapa banyak dan sesering apapun Anda makan, tetap saja tubuh akan dengan cepat membakar makanan-makan tersebut untuk dijadikan energi tanpa menyisakannya sebagai lemak.
Adanya gangguan metabolisme pada tubuh ini sayangnya sering disebabkan oleh faktor keturunan (genetik). Jika Anda dan anggota keluarga lainnya memiliki postur badan yang sama-sama kurus dan kecil, maka hampir bisa dipastikan bahwa inilah penyebab mengapa berat badan susah naik kendati sudah banyak makan.
4. Gangguan Tiroid > Adanya gangguan tiroid pada tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab BB susah naik. Pada dasarnya, terdapat dua jenis gangguan tiroid, yakni:
_Hipertiroidisme
Gangguan kesehatan akibat kelenjar tiroid terlalu aktif sehingga hormon tiroksin yang diproduksi terlalu banyak. Ini kemudian memengaruhi tingkat kecepatan metabolisme tubuh dan berdampak pada penurunan berat badan.
_Hipotiroidisme
Kondisi ketika justru kelenjar tiroid tidak dapat bekerja maksimal sehingga hormon tiroksin yang dihasilkan sangat sedikit. Akibatnya, metabolisme tubuh terganggu dan berat badan berisiko turun secara signifikan.
5. Stres > Tak bisa dipungkiri, kondisi mental seperti stres atau depresi juga memiliki kontribusi besar terhadap sulitnya berat badan Anda mengalami kenaikan. Ketika Anda tengah mengalami stres, tubuh secara otomatis akan merespon dan menyebabkan perubahan fungsi hormon, seperti nafsu makan dan penurunan metabolisme. Akibatnya, tubuh tidak mampu menyerap asupan gizi dengan baik.
6. Olahraga Berlebihan > Olahraga memang baik untuk kesehatan. Berolahraga berlebihan tanpa diimbangi asupan makanan yang cukup akan tetapi justru menyebabkan berat badan Anda susah naik.
Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, penyebab berat badan susah naik dipengaruhi asupan nutrisi yang tidak sebanding dengan banyaknya energi yang dikeluarkan. Akibatnya, tubuh mengambil cadangan kalori yang seharusnya menjadi lemak untuk dikonversikan menjadi energi.
7. Gaya Hidup > Gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi alasan utama mengapa Anda sulit sekali menaikkan berat badan. Beberapa kebiasaan yang menyebabkan berat badan susah naik di antaranya:
Merokok, Begadang, Mengonsumsi alkohol, Kurang istirahat.
& berikut cara menaikkan berat badan dgn menerapkan:
1. Makan makanan bergizi, terutama yang tinggi karbohidrat dan protein.
2. Tambah intensitas makan berat dan makan ringan.
3. Olahraga yang teratur
4. Kontrol stress
5. Selingi makan dengan minum untuk menambah asupan kalori.
#Trmksih
04:56 10/08/2020