[Masalah Berat Badan]
Lia Hapsari
Haloo dokter saya memiliki berat badan yang sangat kurang / underweight. Bagaimana cara untuk menambah berat badan?
17:41 10/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
1. Makan sesuai kebutuhan kalori tubuh -> dengan mengetahui kalori tubuh
2. Sembuhkan masalah pencernaan dulu seperti maag karena bisa menyebabkan penyerapan zat gizi terganggu
3. Usahakan makan teratur 3x maka utama, 2-3x snack dengan kalori sesuai tubuh dan menyerapkan gizi seimbang (tiap makan ada karbo, lauk hewani, nabati,s ayur dan buah)
4. Pastikan tidak ada penyakit infeksi, atau tidak sering sakit. Karena sering sakit akan menyebabkan berat badan turun lebih cepat.
5. Latih kekuatan otot
Ada pertanyaan?
09:18 11/08/2020
Lia Hapsari
Saya ada penyakit infeksi juga dok :(
09:17 11/08/2020
Baik, kita tuntaskan satu-satu ya bertahap, saya perlu asesment lebih lanjut agar saran saya sesuai dengan kondisi kakak.
1. saya butuh data BB, TB, aktivitas sehari hari (co: kuliah sambil kerja) dan umur -> untuk menghitung kalori harian
2. Infeksi sudah berapa lama, dan apakah sudah pengobatan ke dokter, adakah sudah tuntas?
3. Olahraga apa yg sering dilakukan dlm seminggu?
4.Ada riwayat maag atau tidak?
Mohon dijawab ya
09:24 11/08/2020
Lia Hapsari
1. BB 43 TB 158 dengan aktivitas fisik ringan, kuliah daring dan tidak ada pekerjaan dirumah. 2. Gejala mulai dari bulan Januari, baru berobat dan obat jalan mulai bulan Juni hingga sekarang. 3. Tidak pernah olahraga. 4. Ada riwayat mag
09:29 11/08/2020
Baik terimakasih sudah menjawab.
Kebutuhan kalori basal (untuk kerja organ) 1300 kal, Untuk infeksi dan aktivitas mahasiswa sekitar 2400 kal.
Target bulan ini mempertahankan berat badan agar tidak semakin turun karena infeksinya sambil dievaluasi apakah tubuh bisa menerima kalori 2400, terkadang bila kebiasaan makan sedikit, 2400 kal terlalu banyak dan butuh adaptasi dahulu.
Contoh menu 2400 kalori
Makan Pagi 06.00: Nasi 150 gr (2 centong magic com cekung), telur dadar 1 buah, tahu bacem 1 buah, tumis kacang panjang+taoge+teri+udang porsinya 2 sendok sayur -> 500 kal
Selingan 09.00 : bubur kacang hijau -> 300 kal
Makan siang 13.00 : Nasi 150 gr (2centong magic com yg cekung), ikan bandeng presto goreng, mendoan 1 buah, sayur sop+ceker 1 mangkok, jus jambu 1 buah+gula 1 sendok makan -> 700 kal
Selingan sore -> rujak buah 1 porsi+gula tidak pedas -> 300 kal
Makan malam : Nasi 150 gr (2centong magic com), tumis ikan pindang, mendohan 1 buah, sayur asem (melinjo, kacang panjang, kacang tanah, kacang panjang) 1 mangkok -> 500 kal
08.00 malam: susu dancow 1 gelas -> 150 kal
Tips :
1. Konsisten, bila tidak konsisten, kenaikan berat badan akan sulit dicapai
2. Air putih 8 gelas sehari
3. Bila kakak skip makan artinya kalori yg masuk akan lebih sedikit, sehingga hindari skip makan.
4. Selingan/ snack 3x, pilih yg kalori tinggi, contoh bubur kacang hijau, roti keju 2 potong 300 kalori, roti 2 lembar+telur 300 kalori, rujak buah/buah+yogurt -> penerapan seperti di contoh menu
5. Yogurt 3x seminggu selama 3 bln gunanya memperbaiki fili usus -> sehingga penyerapan makanan lebih optimal
6. Buah-buahan sehari 3 porsi -> kaya vitamin, mineral dan antioksidan gunanya untuk penyembuhan infeksi
7. Setiap kali makan ada karbo, lauk hewani, nabati dan sayuran, Porsi sayur 100gram/1 mangkok, gunanya sumber vitamin, mineral dan serat agar tidak sembelit/susah buang air besar
Sampai disini apakah ada pertanyaaan?
10:18 11/08/2020