[Masalah Berat Badan]
Annisa Fitri Siregar
Selaat malam dok. Saya ingin bertanya bagaimna cara menurunkan berat badan yang ideal dok ?
20:10 10/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Annisa, terimaksih sudah bertanya di Dietducate.
Menurunkan berat badan dengan cara
1. Defisit kalori -> perlu menghitung kebutuhan kalori harian dan dikurangi sesuai dengan target penurunan BB
2. Mindful eating -> jadi makan dengan mempertimbangkan manfaat baik buruknya makanan, misal nasi goreng tinggi minyak 100 gram 300 kal, nasi putih 100 gr 180 kal, nasi merah 100 gr 120 kal.
3. diperbanyak aktivitas
4. Olahraga teratur bisa zumba 4-5x seminggu 30 menit
5. Makan dengan gizi seimbang yaitu tiap makan terdapat karbo, lauk hewani, nabati, sayuran dan buah yang porsinya disesuaikan dengan target kalori untuk penurunan BB
Ganti karbo nasi dengan karbo yg tinggi serat contoh nasi merah, kentang, jagung, oats.
6. Konsumsi yogurt low fat yg merupakan sumber probiotik 3x seminggu selama 3 bulan untuk memperbaiki hormon lapar kenyang
7. Bisa dobel protein agar kenyang lebih lama bila anda sering merasa lapar
8. Minyak dan gula dibatasi, kurangi menu harian yg digoreng, gula pasir bisa diganti buah2an
9. Ngemil tinggi kalori diganti dengan buah-buahan yg porsinya diatur.
10. Dilakukan dengan terprogram, bila belum konsisten hasil blm bisa maksimal
11. Kalori makan malam lebih kecil dibanding makan pagi dan siang, bila terpaksa beli diluar/tidak masak bisa memilih makanan yg lebih rendah kalori.
Makan malam maksimal 3jam sebelum tidur, dan lakukan intermitten fasting, contoh makan terakhir jam 18.00, setelah jam tsb makan stop hingga jam 7 pagi untuk sarapan (puasa makan 13 jam), boleh minum air putih, lakukan selama 2 minggu dulu
Apakah ada pertanyaan? Semoga membantu :)
09:40 11/08/2020