[Kehamilan]
Rila Sinta
Tinggi sy 163cm usia 29th,sblum anak pertama bb sy 55kg,stelah melahirkan bb 60kg,setelah melahirkan ank ke-2 bb 67kg,skrg sy hamil anak ke-3 usia kandungan 6bln bb sy 80kg,bgmn sy bisa diet mengurangi obesitas IMT sy ?
15:56 13/04/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Halo Mbak Rila.
Terima kasih telah bertanya kepada ahligiziID.
Diet penurunan berat badan tidak dianjurkan pada ibu hamil. Ibu hamil atau menyusui sebaiknya mengatur asupan sesuai dengan gizi seimbang dan kebutuhan janin atau bayi.
Jika ingin melakukan diet sebaiknya saat bayi sudah lahir dan tetap memperhatikan kebutuhan gizi dalam pembentukan ASI sebagai makanan utama bayi. Sehingga produksi ASI tidak terganggu.
Bila saudara termasuk berat badan berlebih ada baiknya saudara melakukan diet penurunan berat badan setelah saudara berhasil memberikan ASI eksklusif kepada bayi.
Untuk mengetahui status gizi dan kebutuhan gizi sehari, saudara (dalam kondisi tidak hamil dan tidak menyusui) dapat cek pada kalkulator gizi yang kami sediakan di link berikut ini:
https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi
Pada dasarnya program penurunan berat badan adalah mengatur pola makan dan juga aktifitas fisik sehari-hari agar dapat menghasilkan asupan energi yang lebihrendah dibandngkan dengan energi yang digunakan.
Untuk lebih jelasnya, saudara dapat baca pada link berikut:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/1/Diet-Penurunan-Berat-Badan
Terimakasih. semoga bermanfaat.
Salam sehat!:)
11:51 08/05/2018