[Kehamilan]
Sunariyah Sunariyah
Selamat siang,sy mau bertny cara mengatur menu seimbang bagi bumil ditrimester 1 yang sering mual.terima kasih
12:28 14/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Untuk merekomendasikan diet yg sehat perlu perhitungan kebutuhan kalori harian. Saya membutuhkan data berikut :
1. BB sebelum hamil, BB saat hamil, Tinggi Badan, dan umur
2. Apa aktivitas sehari-hari (co:kantoran sering duduk),
3. Apakah ada riwayat sakit maag, alergi, hipertensi, diabetes?
Mohon dijawab agar saran saya sesuai dengan Anda.
13:28 14/08/2020
Terimakasih sudah menjawab. BB 39 kg TB 148 indeks masa tubuh 17,8 termasuk BB kurang.
Kenaikan bb hingga usia kehamilan 39 minggu sekitar 12,5 kg - 18 kg.
Kalori basal tubuh 1200 kal, kalori untuk kehamilan 1800 kal
Tips agar mengurangi mual muntah
1. Makan teratur, porsi kecil dan sering, tiap 3 jam, tidak dianjurkan menunda makan
2. Minum air putih 1-2 jam sebelum makan
3. Hindari : makanan pedas, makanan berminyak seperti nasi goreng, bersantan kental, gorengan porsi banyak, makanan yg berbau menyengat : kol, brokoli, kembang kol, makanan yg merangsang : terlalu banyak bumbu -> memicu mual, buah-buahan yg asam
Berikut contoh menu 1800 kal
Sarapan 06.00 : roti tawar 2 lembar+keju+selai kacang+margarin dan susu ibu hamil -> 400 kal
Selingan pagi 09.00 sari kacang hijau -> 150 kal
Makan siang 12.00 : nasi putih 100gr atau 2 centong magic com ceper, ikan bandeng goreng 1 potong, tahu bacem 1 buah, tumis kacang panjang+tauge+teri, buah melon 1 potong -> 400 kal
Selingan sore 15.00 -> jus semangka + roti keju -> 250 kal
Makan malam 18.00 : Nasi 100 gram atau 2 centong magic com ceper, sup ayam (isian : wortel, kentang, buncis dan ayam 1 potong), tempe goreng 1 buah, buah melon 1 potong -> 450 kal
Selingan malam 21.00 : bakpau kacang hijau + pear 1 buah -> 200 kal
Penjelasan :
1. Susu merupakan sumber kalsium -> pembentukan tulang pada janin
2. kacang hijau : tinggi asam folat
3. Sayuran dan buah : mencegah sembelit
apakah ada pertanyaan?
12:30 21/08/2020
semoga membantu :)
09:14 15/08/2020
Mohon maaf terjadi kesalahan penulisan dan sudah saya revisi. Untuk TB 148 cm BB 39 kg, IMT nya 17,8, kalori basal 1200 kal, kalori untuk kehamilan (penambahan 180 kal untuk TM 1, dan aktivitas sering duduk 1600 kal) sehingga total energi sehari yg dibutuhkan sekitar 1800 kal, Bisa dihitung kembali di aplikasi kami, di pilihan kalkulator gizi. semoga membantu :)
09:29 15/08/2020