[Gizi Olahraga & Kebugaran]
T Ningrum C X
Sayuran dan buah apa yang mengandung karoten tinggi? Dan jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping yang tinggi terhadap tubuh?
12:43 14/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Berikut ini daftar makanan yang memiliki kandungan betakaroten:
1. Buah wortel
Buah yang berwarna orange ini tidak hanya memiliki kandungan berupa Alfa karoten saja. Akan tetapi untuk wortel juga mempunyai kandungan betakaroten yang tergolong sangat tinggi.
2. Ubi jalar
Selain wortel, kandungan sayuran atau makanan yang memiliki kandungan beta karoten yaitu terdapat pada ubi jalar. Dengan kandungan betakaroten yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh maka Anda disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin. Namun perlu diingat untuk porsinya tidak boleh secara berlebihan. Sehingga perhatikan jumlah beta karoten yang Anda konsumsi.
3. Bayam
Bayam tidak hanya mempunyai kandungan berupa vitamin dan nutrisi yang melimpah saja. Akan tetapi kandungan betakaroten juga bisa ditemukan pada sayuran hijau ini. Kandungan yang dimilikinya tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh sehingga untuk sayuran bayam ini bisa dimasak dengan berbagai macam sayuran. Segala jenis makanan yang diolah dari bayam bisa Anda konsumsi supaya kebutuhan akan tubuh terhadap vitamin maupun nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.
4. Buah melon
Buah melon jk dikonsumsi tidak boleh melebihi batas normalnya. Sehingga perhatikan jumlah yang harus dikonsumsi, terutama bagi Anda yang mengkonsumsinya terlalu sering atau setiap hari supaya tidak menimbulkan dampak negatif.
_Dosis mengkonsumsi beta karoten
Untuk jumlah vitamin A sengaja di butuhkan, namun hal ini tetap bergantung pada status reproduksi beserta usia. Untuk asupan vitamin A selalu direkomendasikan bagi orang yang sudah berusia 14 tahun keatas. Sementara vitamin A tersebut kisaran antara 700 dan juga 900 mikrogram. Dengan hal tersebut maka Anda sudah bisa melakukan perhitungan mengenai jumlah dosis dari Beta karoten yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.
Untuk remaja dan dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi beta-karoten sebanyak 1-8 mg. Hal ini setara dengan jenis vitamin A sebanyak 0,5-1,5 mg. Anak-anak dianjurkan mengkonsumsi betakaroten sebanyak 0,5-5mg. Hal ini setara dengan vitamin A sebanyak 250-500 mcg.
_ n jika berlebihan dikonsumsi justru bisa menghambat proses penyerapan vitamin A, yang sangat penting bagi tubuh manusia seperti, kesehatan mata, tulang, kulit, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.
#Trmksih
05:16 15/08/2020