[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok,, Saya Mau Bertanya...
Saya Pasien Anxietas Menyeluruh (GAD) Dan Berefek Jadi GERD... Mengalami Kehilangan BB Sebanyak 21 Kg Kerana Sakit Takutnya Makan Makanan Dan Pantangan Gitu Dok...
BB Saya Dari 72 Kg Hingga Ke 51 Kg... Tinggi Basan Saya 178 cm...
Saya Sudah Melakukan Pemulihan...
Pertanyaan Saya... Bagaimana Cara Mengembalikan BB Ideal... Soalnya Saya Udah Mulai Makan Makanan Yang Tidak Mantang Tapi Tidak Berlebihan... Apa Perlu Tambahan Suplemen Dan Vitamin Atau Susu ??
12:25 15/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate :)
Saya perlu asesment lebih lanjut tentang kondisi Anda,
1. GERD sudah berapa lama? apakah sudah dikonsultasikan ke dokter dan ada pengobatannya?
2. Turun 21 kg sudah berapa lama.
3. Pengobatan ke psikiater apakah dengan obat apa dan sudah berapa lama?
4. Bagaimana aktivitas Anda co: kuliah, kantoran, sering duduk dll
5. Jelaskan pola makan Anda, contoh makan 3x sehari makan pagi, nasi 1 centong, dan lauk ayam goreng, siang nasi 1 centong lauk sayur, sore jarang makan, ngemil jarang.
Mohon dijawab agar sarans aya sesuai dengan Anda :)
16:52 19/08/2020
anonim
1. Iya,, Sudah 5 Tahun... Dan Pengobatan On/Off Kerana GERD Saya Akibat Anxietas Menyeluruh... Jika Kambuh/Episode Maka GERD Pun Kambuh.. 2. Turun 21 Kg Sejak Awal Sakit September Tahun 2015... Jadi Turunnya Bertahap.. Maret 2016 Jadi 55 Kg... Dan Mei 2016 Jadi 51 Kg... Hingga Saat Ini... 3. Pengobatannya Dengan Anti Depresan Dan Anti Cemas (Jenis Aprazolam Dan Clobazam) Ke Psikiater Sejak Awal Januari 2017 Hingga Desember 2017 4. Selama Pengobatan Baik Obat Terapi Pemulihan GERD Dan Anxietas Aktifitas Saya Itu Di Rumah,, Keluar Rumah Hanya Kontrol Ke RS Dan Berjemur Matahari Pagi... Lainnya Banyak Duduk Dan Baring... Kalau Saat Ini Saya Bekerja Terkadang Ngajar (Dosen) Lepas... 5. Jenis Pola Makan Saya Saat Sakit Itu Hanya Nasi Lembek,, Ikan Air Tawar Dan Sayur Bayam... No MSG Dan No Garam... Tidak Konsumsi Gula Pula... Tetap 3 Kali Sehari... Sesekali Diselingi Buah... Kalau Saat Ini... Minyak,, Daging,, Telur,, Tempe Tahu Sudah Dikonsumsi... Tapi Sering Melewatkan Makan Pagi (Sarapan)... Makan Tetap 3 Kali Cuman Mulainya Siang,, Sore Dan Malam Dengan Jenis Makanan Yang Sama... Ngemil Pun Jarang... ????????
17:55 19/08/2020
Terimakasih sudah berkenan menjawab assesment dr saya.
Kalori basal Anda 1500 kal, kalori untuk beraktivitas sekitar 2300 kal. Untuk menaikkan berat badan nanti dulu ya, kita bereskan dulu untuk masalah GERD nya.
Prinsipnya :
1. Bila GERD sering kambuh, perlu pengobatan dokter terkait agar terjadi perbaikan penyerapan zat gizi
2. Makan teratur sesuai jadwal porsi kecil tapi sering 3x makan utama, 3x snack, tidak dianjurkan rebahan/tidur setelah makan -> memperbaiki kondisi GERD
3. Makan dengan gizi seimbang, untuk makan utama pastikan terdapat karbo, lauk hewani, nabati, sayuran dan buah -> untuk pemenuhan zat gizi makro dan mikro -> sbg proteksi neurotrasmitter sebagai dukungan gizi untuk pasien anxietas.
4. Konsumsi probiotik dan prebiotik untuk mencegah neurotoxicity karena makanan tsb sbg anti inflamasi. Probiotik : yogurt, prebiotik makanan yg berserat seperti buah pisang.
5. Sebaiknya ganti karbo tinggi glikemik indeks dengan glikemik sedang dan rendah (beras merah, jagung, oats, singkong) -> bila GERD sudah membaik
6. Hindari makanan tinggi gula : permen, permen coklat, makanan yg terlalu manis, batasi gula pasir maksimal 4 sdm sehari
7. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, tengkleng, makanan santan kental, gorengan lebih dr 1 potong,
8. hindari makanan pedas
9. Buah-buahan konsumsi bersamaan dengan makanan lainnya untuk menghindari rasa tidak nyaman di lambung
10. MInum 8 gelas sehari
Contoh menu 2300 kkal, protein, lemak cukup
Catatan : ukuran centong magic com yg ceper = 50 gr
ukuran centong magc com yg cekung = 70 gr
Bangun tidur air putih 2 gelas
Makan Pagi 06.00: Nasi putih 150 gr (2 centong magic com), telur dadar 1 buah, tahu bacem 1 buah, tumis kacang panjang+taoge+teri, buah pisang 1 buah -> 600 kal
Air putih 1 gelas
Berjemur -> vit D alami
Selingan 09.00 : Susu kedelai/ bubur kacang hijau-> 100 kal - 300 kal (asam amino yg baik untuk anxietas)
Makan siang 13.00 : Nasi 150 gr (2 centong magic com), ikan bandeng presto goreng, mendoan 1 buah, sayur sop+ceker porsi 1 mangkok, buah melon 1 buah -> 600 kal
Air putih 1 gelas
Selingan sore -> yogurt -> 100 kal (3-4x seminggu)
Air putih 1 gelas
Makan malam : Nasi 150 gr (1,5centong magic com), pepes ikan kakap+tahu, tempe goreng 1 buah, sayur bening bayam (bayam+wortel) 1 mangkok, buah pisang 1 buah, -> 600 kal
Air putih 1 gelas
08.00 malam: susu 1 gelas -> 150 kal
Sebelum tidur air putih 1 gelas
Sumber : Khan and Khan, J Depress Anxiety 2016.
Bila dirasa terlalu banyak (mual setelah makan) kurangi porsi nasinya dahulu, sayur, lauk hewani, nabati, buah dianjurkan ada dlm setiap menu agar tidak terjadi kekurangan zat gizi makro dan mikro. Apakah ada pertanyaan?
12:27 21/08/2020