[Masalah Berat Badan]
Nova Yanti
Bagaimana menurunkan berat badan dengan sehat
22:41 16/08/2020
cara yang mudah dan aman sangat banyak tentunya, tinggal bagaimana komitmen kita untuk melakukannya. Berikut beberapa cara sehat menurunkan berat badan yaitu dengan:
1. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur dan biji-bijian.
Dgn mengkonsumsi serat akan melancarkan sistem pencernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Makanan yang mengandung serat adalah makanan yang wajib kamu konsumsi saat sedang diet, karena makanan yang mengandung banyak serat akan membuat kita merasa kenyang tanpa makan terlalu banyak kalori.
2. Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi:
Untuk mendapatkan berat badan yang ideal kamu perlu menghindari mengonsumsi snack dengan kadar gula tinggi. Sebelum makan lebih baik baca terlebih dahulu tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack.
Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan mansi, obesitas, gigi berlubang, dan beragam penyakit lainnya. Selain itu hindari juga minuman bersoda karena terlalu banyak mengandung gula yang sangat tinggi.
3. Perbanyak Minum Air Putih:
Salah satu cara yang paling mudah tetapi tetap aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Rutin minum air putih dapat melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup dengan minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter air dapat membakar 100 kalori perharinya.
4. Hindari Mengonsumsi Makanan Siap Saji:
Makanan siap saji saat ini sedang menjadi tren, padahal mengonsumsinya terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berisiko terkena penyakit obesitas. Hal tersebut karena makanan siap saji hanya akan menimbun lemak dalam tubuh.
Cara yang paling ampuh dan aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan siap saji. Sebagai gantinya kamu bisa memilih makanan yang memiliki kandungan protein seperti telur ayam ataupun ikan.
5. Berpikir Positif:
Dalam proses menurunkan berat badan selain menentukan target, kamu juga perlu mengontrol pikiran agar tetap positif dan optimis. Pikirkan bahwa kamu akan berhasil mendapatkan apa yang kamu mau. Biasakan untuk tidak memikirkan makanan-makanan yang akan membuat diet kamu jadi gagal.
6. Rajin Olahraga:
Jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat, kamu harus mulai sering berolahraga. Jangan gampang menyerah tidak perlu olahraga yang terlalu berat dulu, kamu bisa mencoba olahraga-olahraga yang ringin seperti yoga atau aerobik. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.
7. Perbanyak Frekuensi Makan, Kurangi Porsi Makan:
Banyak orang salah paham mengenai frekuensi makan saat diet. Anggapan yang berkembang adalah mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Kenyataannya justru lain. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menimbulkan masalah baru.
Seharusnya yang perlu dilakukan bukan mengurangi frekuensinya, melainkan mengurangi porsi makanannya, seperti makan 3 suap nasi dan lauknya tetapi dalam frekuensi yang lebih sering. Jadi tetap dengan makan tiga kali dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil.
#Trmksih
1. Konsumsi Makanan Kaya Serat
3. Perbanyak Minum Air Putih:
5. Berpikir Positif:
6. Rajin Olahraga:
#Trmksih
04:50 17/08/2020