[Masalah Berat Badan]
titissari indriani
Selamat Pagi Dok.
Tinggi badan saya 161 berat 71 kg , nafsu makan sangat tinggi, kebetulan saat stress nafsu makan saya semakin menjadi2, saya pekerja kantoran yang lebih sering duduk di depan komputer.sudah beberapa macam diet saya coba tp tidak kuat/gagal, apa yang harus saya lakukan ya dok? diet apa yang sesuai dengan saya? atau olahraga apa yang cocok untuk saya, jujur saya sudah down sekali lihat timbangan pagi ini. terima kasih
11:13 18/04/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Halo Mbak Titissari,
Terimakasih telah bertanya pada ahligiziID.
Sebelum memulai diet silahkan cek status gizi dan kebutuhan gizi saudara di link sbb:
https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi #
Perubahan berat badan dipengaruhi oleh 2 faktor utama, yaitu keseimbangan antara faktor asupan makan dan aktifitas.
Jika seseorang menginginkan berat badannya berkurang/turun maka energi yang masuk ke dalam tubuh harus lebih kecil dari pada yang dikeluarkan oleh tubuh. Salah satunya dapat diwujudkan dengan membatasi asupan makan dan meningkatkan aktifitas/olahraga.
Bagaimana jika terhalang oleh kesibukan pekerjaan?
Asupan makan tetap dapat dibatasi dengan menyiapkan makanan sendiri dari rumah (membawa bekal), agar tidak ada keinginan utk membeli makanan di luar. Kebiasaan jajan di luar biasanya akan sulit dikendalikan, dan merusak diet kita.
Selain itu, usahakan tetap dapat beraktifitas selama bekerja, alihkan penggunaan lift/escalator dengan menaiki tangga. Jika jarak ke tempat bekerja dekat dgn tempat tinggal gunakan kendaraan non mesin atau juga bisa dengan jalan kaki.
Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat. :)
12:04 08/05/2018