[Bayi & Balita]
anonim
Apakah kopi untuk bayi yang pernah mengalamj gejala step itu aman untuk dikonsumsi? Kakak ipar saya anaknya pernah step dan suka ngasih kopi untuk anaknya walaupun sedikit. Satu lagi apakah benar bayi dibawah satu tahun belum boleh konsumsi susu selain formula? Alasannya apa ya?terimakasih.
16:06 17/08/2020
Arina Zulva Maulida, S.Gz ahligizi
Terima kasih atas pertanyaannya. Kopi yang tidak mengandung gula ataupun susu baik untuk kesehatan dan ini hanya berlaku untuk orang dewasa saja bukan anak-anak ataupun balita. Untuk anak-anak apalagi bayi tidak dianjurkan untuk minum kopi. Mengapa? karena pencernaan bayi dan anak-anak berbeda dengan pencernaan orang dewasa dalam mencerna kafein (kopi). Pada pada bayi, dibutuhkan waktu sekitar 65-130 jam untuk memproses kafein. Jika bayi pernah mengalami step ataupun tidak, jangan langsung diberi kopi walaupun sedikit, karena akan memberikan efek pada bayi, akan lebih baik untuk segera konsultasikan ke dokter.
Untuk bayi dibawah satu tahun sampai usia 2 tahun berikan ASI saja. Karena komposisi ASI tidak dapat tergantikan oleh susu formula. ASI memiliki zat-zat gizi tinggi yang sangat dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan pertumbuhannya.
Terimakasih
23:52 17/08/2020