[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Siang dokter, saya berumur 17 tahun, kemarin habis cek lab dan kadar hemoglobin 7.5. Dokter bagaimanakah diet yang disarankan untuk saya agar hb saya segera naik ke batas normal yaitu 11.5-15 terima kasih. ..
11:31 19/04/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Terima kasih telah bertanya pada ahligiziID.
Hemoglobin dalam darah dibentuk dari unsur utama zat besi dan protein. Oleh karena itu untuk meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh sebaiknya saudara mengonsumsi makanan dengan sumber zat besi dan protein yaitu pada bahan protein hewani seperti hati, daging, unggas, telur, dan seafood. Ada baiknya saudara mengonsumsi tablet penambah darah. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, pada saat mengonsumsi bahan makanan tersebut imbangi dengan mengonsumsi sumber vitamin C seperti buah jeruk.
Semoga membantu.
Salam Sehat!:)
10:54 08/05/2018