[Anak Sekolah & Remaja]
Syifa Hasna
Halo Dok, mau tanya saya kan punya BB 98 dan tinggi badan 163.... Saya mau minta menu diet sama.dokter boleh? Saya masih umur 16 tahun dok
22:50 21/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Halo Syifa. Memilih bahan makanan yang tepat untuk mengatasi obesitas:
• Karbohidrat
Untuk asupan karbohidrat, pilihlah bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang penuh serat seperti oats, pasta dari gandum, nasi merah, roti gandum dan kentang. Hindari pemilihan jenis karbohidrat yang mengandung gula sederhana.
Tidak lupa, sayur dan buah sebagai komponen makanan paling penting untuk orang obesitas. Selain mengandung karbohidrat sebagai energi, sayur dan buah juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan tubuh.
• Protein
Ada 2 jenis protein yang bisa dikonsumsi, protein nabati, dan protein hewani. Protein nabati seperti tahu dan tempe yang sering Anda jumpai. Sedangkan untuk protein hewani pilihlah jenis protein yang cenderung rendah lemak, seperti ikan dan daging ayam tanpa kulit.
Kurangi konsumsi daging merah. jeroan binatang, dan sumber makanan yang mengandung protein dengan digoreng-goreng.
• Lemak
Sumber lemak biasanya didapatkan dari berbagai jenis minyak. Maka itu, pilihlah jenis minyak yang sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak alpukat.
Hindari makanan yang digoreng, karena mengandung lemak trans dan lemak jenuh tinggi yang bisa menambahkan timbunan lemak tubuh.
Bagaimana aturan makan yang baik dalam sehari??
Mengatasi obesitas dengan diet bukan berarti makan jadi hanya sekali dalam sehari atau bahkan tidak makan seharian. Tentu tubuh tetap butuh makan untuk menghasilkan energi. Maka itu, Anda tetap boleh makan tiga kali sehari, bahkan dengan dua kali selingan dalam sehari.
Misalnya, Anda bisa makan pagi jam 7, lalu dilanjutkan makan selingan pagi sekitar pukul 10, selanjutnya makan siang pukul 12 siang, lalu makan selingan sekitar pukul 4 sore, dan makan malam pukul 6 atau 7 malam.
Berikut adalah contoh menu makan yang pas bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya.
1). Makan pagi:
- Nasi yang seukuran setengah gelas belimbing
- 1 butir telur yang dimasak orak-arik
- 1 mangkuk sayur bening (sayur yang tidak bersantan) berisi sepertiga gelas wortel yang sudah dipotong-potong, dan buncis yang sudah dipotong-potong sebanyak setengah gelas
- 1 potong buah pepaya sekitar 55 gram.
• Selingan pagi:
1 gelas susu skim 200 ml
1 buah melon sekitar 55 gram.
2). Makan siang:
- Nasi 2 centong rice cooker sekitar 100 gram nasi.
- Tumis tempe sebagai sumber protein nabati. Potong kotak-kotak kecil 2 potong tempe berukuran sedang, lalu tumis dengan sedikit minyak (duapertiga sendok teh), dan tambahkan kecap.
- 1 mangkuk sayur sop ayam. Sayur sop berisi potongan daging dada ayam sekitar 25 gram, potongan wortel sebanyak setengah gelas, potongan kol putih sebanyak setengah gelas, dan potongan jagung sebanyak seperempat gelas.
• Selingan sore:
1 gelas susu skim (tanpa lemak) 200 ml
1 buah apel.
3). Makan malam:
- 1 potong sedang daging yang dimasak semur
- 1 porsi capcay. Capcay berisi aneka sayuran yang sudah dipotong-potong seperti wortel sebanyak seperempat gelas, sawi sebanyak seperempat gelas, kembang kol sebanyak seperempat gelas, dan 1 buah bakso.
- 1 buah jeruk segar.
Berapa lama harus menjalani diet hingga berat badan turun??
Waktu ini bisa berbeda-beda di antara orang yang satu dengan yang lainnya. Sebab, ini tergantung dengan seberapa besar berat badan saat obesitas. Bila semakin jauh rentang antara berat badan ideal dengan berat badan Anda saat ini, mungkin waktu yang dibutuhkan juga akan semakin lama.
Hal ini tergantung juga dengan gaya hidup yang dijalani serta aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Namun yang jelas, penurunan berat badan yang normal dalam satu minggu adalah sekitar 0,5 – 1 kg. Jika berat badan turun drastis tiba-tiba, maka bisa jadi ada masalah kesehatan tertentu yang sedang dialami.
Cara lain yang harus dilakukan untuk mengatasi obesitas
Selain pengaturan makan, program penurunan berat badan terdiri dari pengaturan aktivitas fisik juga. Pilihlah jenis olahraga yang dijalani dengan kombinasi olahraga aerobik dan olahraga yang melatih kekuatan otot.
Terimakasih :)
13:09 25/08/2020