[Lainnya......]
azizah ainurrohmah
Permisi kak, saya memiliki TB kurang lebih 155cm dan BB kurang lebih 67kg, saya termotivasi untuk menurunkan BB hingga 10kg, apa saja yang harus saya lakukan supaya BB saya turun hingga 10kg? Terima kasih
08:48 22/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Halo Azizah, Berikut beberapa cara sehat menurunkan berat badan yaitu dengan: 1. Konsumsi Makanan Kaya Serat: Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur dan biji-bijian. Dgn mengkonsumsi serat akan melancarkan sistem pencernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Makanan yang mengandung serat adalah makanan yang wajib kamu konsumsi saat sedang diet, karena makanan yang mengandung banyak serat akan membuat kita merasa kenyang tanpa makan terlalu banyak kalori. 2. Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi: Untuk mendapatkan berat badan yang ideal kamu perlu menghindari mengonsumsi snack dengan kadar gula tinggi. Sebelum makan lebih baik baca terlebih dahulu tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan mansi, obesitas, gigi berlubang, dan beragam penyakit lainnya. Selain itu hindari juga minuman bersoda karena terlalu banyak mengandung gula yang sangat tinggi. 3. Perbanyak Minum Air Putih: Salah satu cara yang paling mudah tetapi tetap aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Rutin minum air putih dapat melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup dengan minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter air dapat membakar 100 kalori perharinya. 4. Hindari Mengonsumsi Makanan Siap Saji: Makanan siap saji saat ini sedang menjadi tren, padahal mengonsumsinya terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berisiko terkena penyakit obesitas. Hal tersebut karena makanan siap saji hanya akan menimbun lemak dalam tubuh. Cara yang paling ampuh dan aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan siap saji. Sebagai gantinya kamu bisa memilih makanan yang memiliki kandungan protein seperti telur ayam ataupun ikan. 5. Berpikir Positif: Dalam proses menurunkan berat badan selain menentukan target, kamu juga perlu mengontrol pikiran agar tetap positif dan optimis. Pikirkan bahwa kamu akan berhasil mendapatkan apa yang kamu mau. Biasakan untuk tidak memikirkan makanan-makanan yang akan membuat diet kamu jadi gagal. 6. Rajin Olahraga: Jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat, kamu harus mulai sering berolahraga. Jangan gampang menyerah tidak perlu olahraga yang terlalu berat dulu, kamu bisa mencoba olahraga-olahraga yang ringin seperti yoga atau aerobik. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal. 7. Perbanyak Frekuensi Makan, Kurangi Porsi Makan: Banyak orang salah paham mengenai frekuensi makan saat diet. Anggapan yang berkembang adalah mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Kenyataannya justru lain. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menimbulkan masalah baru. Seharusnya yang perlu dilakukan bukan mengurangi frekuensinya, melainkan mengurangi porsi makanannya, seperti makan 3 suap nasi dan lauknya tetapi dalam frekuensi yang lebih sering. Jadi tetap dengan makan tiga kali dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil. Terimakasih
20:25 24/08/2020
azizah ainurrohmah
Wow luar biasa sekali, terimakasih atas jawaban kakak yang sangat membantu saya, kalau boleh tahu olahraga yang bisa saya lakukan itu setiap hari atau seminggu berapa kali kak? Dan durasinya berapa lama?
20:37 24/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Tetapi dalam menurunkan BB 10kg tidak disarankan dalam kurung waktu 1 minggu, itu akan berakibat permasalahan pada metabolisme tubuh yg berantakan, tidak ada diet yang menurunkan berat badan dengan sangat banyak dalam kurung waktu yang cepat, karna akan berakibat beresiko pada tubuh, dimana tubuh akan merasa sangat lemas dan bisa menyebabkan tidak bisa di gerak kan sama sekali. Untuk olahraga yang bisa dilakukan seperti bersepeda, jogging, bisa dilakukan seminggu 3 kali dalam waktu 30 menit
20:59 24/08/2020