[ASI & Menyusui]
Eckha Puji
Saya mempunyai masalah berat badan saya yang tidak kunjung menurun setelah melahirkan.malah cenderung naik dok ..dari yang semula 64 sekarang menjadi 66kilogram dengan tinggi 147cm ..saya bingung harus diet apa ..soalny saya masih menyusui dan asi saya tergolong tidakterlalu lancar..mohon solusinya bagaimana ya dok .terima kasih
11:08 22/08/2020
Eckha Puji
Bagaimana cara mengatur pola makan saya ...untuk porsinya ...
12:02 26/08/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Halo Bu Eckha Puji, terima kasih untuk pertanyaannya. Bagaimana kondisi ibu saat ini? Apakah sudah membaik? Perlu diketahui bahwa penunuran berat badan yang aman yaitu 0,5-1 kg per minggu, menurun secara perlahan tapi pasti supaya proses metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Untuk makanan yang perlu dikonsumsi sebaiknya mengikuti Pedoman Umum Gizi Seimbang (dulu disebut 4 sehat 5 sempurna, lalu berubah menjadi Pedoman Umum Gizi Seimbang), untuk selengkapnya ada di link http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20160505/5214922/inilah-perbedaan-4-sehat-5-sempurna-dengan-gizi-seimbang/  . Untuk porsi makanan sebaiknya mengikuti Isi Piringku, untuk lebih lengkapnya silakan lihat video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=0vLwWqIwe50 Lakukan perlahan namun pasti, konsisten adalah kuncinya. Semoga berhasil! Bila ada hal lain yang ingin ditanyakan terkait diet untuk menurunkan berat badan, silakan membalas kembali komentar ini. Semoga dapat membantu :)
16:38 03/11/2020
Putri Maharani, A.Md.Gz ahligizi
Indeks masa tubuh anda 30,4 kg/m2 termasuk obesitas. Untuk anjuran menu berdasarkan kebutuhan gizi, saya perlu data mengenai : 1. Bagaimana aktivitas sehari-hari anda? (Kegiatan apakah pekerja kantor atau lapangan, dsb) Ringan, sedang, atau berat? 2. Apakah ibu sering berolahraga? bila ya, olahraga apa kah itu, dan dilakukan berapa kali per bulan? 3. Apakah ada alergi makanan? Apakah timbul rasa sesak/diare/kembung setelah mengonsumsi makanan tertentu? 3. Tolong cerita-kan kebiasaan makan Anda dan porsinya (+- 24 jam, dari bangun tidur hingga tidur lagi) Contoh : PAGI makan nasi 1 centong dengan 1 telur dadar, 1pepes tahu, 5sdm bobor bayam, 1sdm sambal yg banyak minyaknya, dan 2 buah kerupuk JAM 10 makan pisang 1 buah. SIANG makan nasi kuning 2 centong, 3sdm tempe orek, 1 ptg paha pentung ayam bakar, 3sdm tumis buncis, dll. Makanan/minuman lain yg SERING dikonsumsi : es teh manis 3x sehari. Silakan dijawab agar saran yang diberikan sesuai dengan kondisi Ibu. Terima kasih
16:50 03/11/2020