[Masalah Berat Badan]
anonim
Selamat siang, saya wanita berusia 25 tahun TB 163 BB 48. Saya ingin menaikan BB 2-3 kg dalam waktu satu bulan. Adakah pedoman/petunjuk supaya program ini maksimal?terimakasih:')
10:06 24/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Selamat siang, berikut cara meningkatkan berat badan yang sehat dan bergizi : 1). Makanlah sesering mungkin namun dalam porsi kecil, ini salah satu cara menambah BB yang efektif yaitu dengan cara makan lebih sering. Semula makan 3x sehari sekarang 5x sehari, jangan melewatkan makanan yang tersisa. Para ahli gizi mengatakan lebih baik mengkonsumsi 6x makanan dalam porsi kecil dalam sehari dibanding kan dengan 3x makan dalam porsi besar. Dengan cara tersebut dapat membantu anda dalam mengatasi kembung pada setiap kali makan. Makan lebih sering akan membantu kadar gula darah tetap normal, karbohidrat terserap sempurna, serta menjaga metabolisme tubuh yang membuat BB tetap terjaga. 2). Meningkatkan asupan kalori, jika ingin BB bertambah yang dilakukan salah satunya meningkatkan asupan kalori. Perempuan yg berumur 17-25 tahun setidaknya membutuh kan 2250 kalori setiap harinya. Namun pastikan anda mencukupi kalori dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Meningkatkan kalori dapat dilakukan dengan menambah 300kalori/hari dan meningkat hingga 500/hari secara bertahap. Tambahan 300 kalori dapat diperoleh dengan menambah 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Penambahan 500 kalori dapat meningkatkan BB 0,5 - 1kg/minggu. Banyak cara yang bisa anda coba selipkan dalam pola makan sehari-hari. Semuanya terserah anda, dengan mempertimbangkan gizi dan asupan kalori yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan anda. Misalnya saja : 1. Makan lebih banyak lapis roti dari yang biasa anda konsumsi disaat sarapan, mengolesnya dengan selai kacang tentu akan lebih nikmat dan lebih bergizi tinggi. 2. Tambahkan ekstra keju di telur dadar anda. 3. Lebih banyak kalori dengan meminum susu, jus buah murni, hingga jus sayuran. 4. Siapkan tas kecil berisi cemilan sehat untuk dibawa kerja, kuliah atau saat beraktifitas diluar rumah. 5. Tingkatkan konsumsi sayuran yang mengandung zat tepung (pati) seperti kentang dan jagung. Jangan meningkatkan kalori secara berlebihan, seperti mengkonsumsi junkfood atau makanan yang digoreng. Konsumsilah makanan yang kaya akan zat gizi. Jika anda tidak yakin tentang apa yang anda makan, konsultasikan dengan ahli gizi untuk memberikan rencana makanan yang dapat menambah BB dengan cepat. 3). Perbanyak minum air putih, kebanyakan dari kita tidak begitu mementingkan untuk mengkonsumsi air putih. Dan bahkan banyak orang lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman bersoda. Mengkonsumsi minuman bersoda dapat merusak tubuh karena minuman bersoda mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Biasakanlah untuk mengkonsumsi air putih terlebih pada saat pagi hari ataupun bangun tidur. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga kesehatan tubuh serta proses pencernaan tubuh akan semakin membaik sehingga dapat menyerap gizi makanan secara sempurna. Cukup minum air putih 8 gelas sehari. 4). Latih kekuatan otot, siapa bilang latihan kekuatan otot hanya untuk yg sedang menjalani program diet? latihan kekuatan otot juga bisa menambah BB seperti angkat beban. Latihan kekuatan sangat ideal untuk anda. Melakukan beberapa latihan seperti : bench presses, jongkok, sit-up, chin-up dan sebaginya. Jika anda belum mencoba latihan kekuatan otot sebelumnya, cobalah melakukannya dengan seseorang yang sudah akrab dengan latihan-latihan tersebut atau seorang pelatih pribadi. Buat daftar latihan yang anda ingin lakukan. Hal ini dapat membantu anda untuk menambah BB. Intinya adalah harus rajin dengan apa yang anda lakukan. Berolahraga dapat meningkatkan nafsu makan, setelah anda selesai dengan latihan, pastikan anda makan yang cukup untuk mengganti apa yang telah anda gunakan. Anda juga dapat bersepeda secara rutin, setidaknya sekitar 1 kali dalam seminggu. Penambahan BB dapat juga berasal dari penambahan massa otot, dimana hal tersebut lebih baik dibandingkan dengan penambahan massa lemak tubuh. Oleh karena itu masih diperlukan aktifitas fisik/olahraga untuk menguatkan otot. Terimakasih :)
13:54 24/08/2020
anonim
Terimakasih atas penjabaran dan penjelasan yang sangat lengkap dan terperinci. Semoga saya berhasil menjalankan program ini:')
22:57 24/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Terimakasih kembali, semangat menjalankan programnya dan semoga lancar 🙏
05:04 25/08/2020