[Masalah Berat Badan]
Activity 2019
Assalamualaikum Mba, saya mau konsultasi kenapa yah saya sudsh makan banyak tapi cepet banget rasanya terserap dan lapar lagi dan bukannya badan saya seger tpi malah terasa tangan saya panas lemas jg mba. Saya jdi heran sendiri mba. Dan BB saya dari SMA sampai saya semester 5 sekarang terus nurun. dari 40, 39, 37, 36, dan sekarang 35. Nafsu makan saya juga menurun mba. Kadang cuman makan pokok aja siang malam pagi kadang" mohon sarannya mba terimakasih banyak mba wassalamualaikum wr wb
22:28 24/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Walaikumsallam mba, Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti tentang kapan penurunan berat badan seseorang menjadi tidak normal, namun para ahli berpendapat jika Anda kehilangan 5-10 persen berat badan dalam enam sampai 1 tahun, sebaiknya periksakan," kata ahli endokrin dan penyakit diabetes di Icahn School of Medicine at Mount Sinai, dokter Reshmi Srinath. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin menjadi alasan di balik turunnya berat badan. 1. Kanker Ya, penyakit kanker bisa menyebabkan berat badan turun drastis. Menurut Srinath, jika seseorang tidak melakukan perubahan pola makan, olahraga, atau level stres tidak berubah, mendadak menjadi kurus harus diwaspadai. Sebagian besar penyakit kanker menyebabkan sindrom susutnya bobot tubuh yang disebut cancer cachexia. "Kondisi ini ditandai dengan peradangan sistemik, keseimbangan protein dan energi yang buruk, serta turunnya massa lemak tubuh. Biasanya ditemukan pada stadium akhir kanker," kata ahli gizi Maya Feller. 2. Diabetes Ketika seseorang mengalami penurunan berat badan yang drastis, kemungkinan besar ia menderita diabetes. "Karena kadar gula darah di tubuhnya sangat tinggi, bisa mengganggu ginjal dan sistem tubuh," kata Srinath. Tubuh tidak bisa memakai gula darah untuk bahan bakar, dan semuanya akan disaring di ginjal, lalu dikeluarkan. Padahal, bagian tubuh kita seperti otot dan tulang, tidak mendapatkan energi dari gula darah. Lama kelamaan tubuh pun terlihat kurus. Selain berat badan yang turun, orang yang diabetes juga mengalami gejala sering haus, sering buang air kecil, pandangan kabur, atau rasa kebas di tangan dan kaki. 3. Stres Ketika menghadapi stres atau drama hidup yang cukup berat, nafsu makan biasanya hilang. Menurut Feller, otak akan melepaskan hormon-hormon yang menekan nafsu makan. "Otak juga mengirim pesan pada kelenjar adrenal untuk menghentikan produksi hormon adrenal di ginjal sehingga muncul respon 'lawan atau tinggalkan', sebuah kondisi psikologi saat stres yang membuat makan tidak jadi prioritas," kata ahli nutrisi penyakit kronis ini. 4. Penyakit pencernaan Beberapa gangguan pencernaan, seperti penyakit celiac, penyakit Crohn, laktosa intoleran, dan gangguan usus, bisa menyebabkan gangguan penyerapan makanan. Akibatnya berat badan cenderung sulit bertambah. 5. Penyakit tiroid Hormon tiroid mengontrol metabolisme kita, karena itu wajar jika terjadi ketidakseimbangan, maka terjadi gangguan pada berat badan. Walau metabolisme yang tinggi berdampak bagus pada berat badan, tapi jika terlalu tinggi akan tidak sehat. Orang yang tiroidnya terlalu aktif, disebut dengan hipertiroid, akan mengalami penurunan berat badan dan terkadang ada komplikasi lain, seperti detak jantung meningkat, merasa cemas, insomnia, atau tremor. 6. Kekurangan adrenal Kekurangan adrenal, yang disebut juga dengan penyakit Addison, terjadi ketika tubuh tidak cukup memproduksi kortisol. "Dalam kondisi stres tinggi, tubuh akan menghasilkan banyak kortisol. Ini adalah respon normal," kata Srinath. Orang yang kadar kortisolnya terlalu rendah, tidak dapat mengalami respon stres normal, sehingga mereka akan merasa sakit. Orang yang mengalami penyakit Addison juga menunjukkan gejala berat badan turun drastis, mual, pusing, dan juga lebih gampang infeksi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter anda, semakin cepat dokter mendiagnosis penyebabnya, semakin cepat juga pengobatan terbaiknya dapat dicari. Itulah pentingnya datang ke dokter disaat anda mengalami penurunan berat badan drastis. Dan dokter juga akan merekomendasikan anda untuk menemui seorang ahli diet. Terimaksih :)
06:44 25/08/2020
Activity 2019
Terimakasih banyak Dok sarannya:( Saya akan berusaha menemui dokter nya untkuk check up. Biasanya itu langsung ke rs langsung atau dokter mandiri aja gpp dok?
12:53 25/08/2020
Irma Nova Yanti Sitio ahligizi
Kembali terimaksih :) Menurut saya lebih baik menemui langsung ke dokter karna akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan dokter
13:23 25/08/2020