[Masalah Berat Badan]
anonim
Halo, saya punya masalah berat badan, saya sudah mencoba untuk diet sehat dengan mengatur pola makan dan olahraga, tapi seringkali saat/setelah olahraga saya pusing dan mual padahal sebelumnya perut sudah terisi (menurut pengalaman hb saya rendah karena sering ditolak saat akan donor darah), bagaimana saya harus mengatasinya?
18:54 25/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo, Trmksih dah mau konsultasi di Dietducate: Penyebab dan Cara mengatasi Mual Setelah Olahraga: Mual setelah olahraga bisa disebabkan oleh penurunan aliran darah yang masuk ke organ pencernaan. Kurangnya aliran darah yang masuk ke sistem pencernaan dapat membuat perut terasa tidak nyaman, sehingga menyebabkan Mba mengalami mual/Pusing. _Hal pertama yang bisa Mba lakukan jika mengalami mual setelah olahraga adalah minum air putih atau minuman elektrolit secara perlahan untuk mengatasi dehidrasi, yang mungkin Mba alami. Bila memungkinkan, Mba juga bisa beristirahat di tempat yang sejuk terlebih dahulu selama beberapa waktu. Setelah rasa mual hilang, jangan langsung memaksakan diri Mba untuk langsung berolahraga kembali. Jika mual tidak juga hilang setelah beberapa waktu, sebaiknya mba segera memeriksakan diri ke dokter.. Cara Mencegah Mual Setelah Olahraga _Mbanya bisa mencegah mual saat olahraga dengan beberapa cara, seperti: 1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi; Salah satu cara mencegah mual setelah olahraga adalah memerhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan dan junk food. Sebagai gantinya, Mba bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak baik, protein, dan karbohidrat. Beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi saat hendak berolahraga adalah pisang, alpukat, dan roti gandum. Namun, pastikan juga Mba berhenti mengonsumsi makanan atau minuman, setidaknya 1-3 jam sebelum melakukan olahraga untuk mencegah munculnya rasa mual. 2. Cukup minum air putih; Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab mual setelah olahraga. Oleh karena itu, penting bagi Mba untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan cara minum air putih yang cukup, setidaknya satu jam sebelum olahraga. Namun, jangan sampai terlalu banyak karena justru bisa memicu mual. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum air putih sebanyak 200 ml setiap 10-20 menit selama olahraga. 3. Lakukan pemanasan dan pendinginan; Selain bermanfaat untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat olahraga, melakukan pemanasan dan pendinginan juga bermanfaat untuk mencegah mual setelah olahraga. Sama halnya dengan otot dan sendi, organ tubuh juga mudah ‘kaget’ jika mengalami suatu gerakan yang terjadi secara tiba-tiba. Hal ini kemudian dapat memicu mual. Jadi, penting untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga. 4. Hindari melakukan olahraga secara berlebihan; Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa menyebabkanmu mual serta meningkatkan risiko terjadinya cedera. Jika belum terbiasa berolahraga, lakukan dulu perlahan-lahan dan dalam waktu singkat, kemudian tingkatkan waktu dan intensitas gerakannya setelah tubuh sudah terbiasa. _Seseorang dikatakan mengalami kekurangan hemoglobin apabila kadar hemoglobinnya lebih rendah dari batas normal. Kadar Hb seseorang dapat diketahui melalui tes darah lengkap, yaitu pemeriksaan sampel darah yang biasanya diambil dari pembuluh vena pada lengan. Pada sebagian orang, kadar Hb rendah bisa jadi tidak menimbulkan gejala. Namun jika kadar Hb terlalu rendah dan disertai gejala, seperti mudah lelah, sakit kepala, dan sesak napas, maka kekurangan hemoglobin tersebut kemungkinan besar telah berkembang menjadi penyakit anemia atau kurang darah. _Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin Kekurangan hemoglobin dapat diatasi dengan cara meningkatkan kadar hemoglobin atau mengobati penyakit yang menyebabkan kadar hemoglobin berkurang. 1. Meningkatkan asupan zat besi, vitamin B12, dan folat Zat besi, vitamin B12, dan folat adalah nutrisi yang berperan penting dalam produksi sel darah merah yang kaya hemoglobin. Oleh sebab itu, jika tubuh kekurangan hemoglobin, Anda perlu meningkatkan asupan makanan yang kaya zat besi, vitamin B12, dan folat, seperti: Hati sapi atau hati ayam.Daging.Makanan laut, seperti ikan, udang, dan kerang.Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli dan kale.Kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kacang merah, dan kedelai.Sereal yang diperkaya dengan zat besi maupun folat. Selain asupan di atas, Mba'nya juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak. #Trmksih>Semoga membantu
05:24 26/08/2020