[Masalah Berat Badan]
Fatih Rahmawati
Dok saya mau bertanya, saya mahasiswa semester 3 yang sedang menjalani diet awal perkuliahan semester 1 saya sempat diet ekstrim yang dimana 1 hari hanya makan 1 kali dan hanya makan 1 butir telur rebus, tahu kukus/tempe kukus, hanya terkadang saja makan sayur dan buahnya, dan kerupuk. Berat badan saya turun 5kg dalam waktu 4 bulan. Tetapi rambut saya rontok parah, siklus mens tidak teratur, BAB jarang terkadang 1 Minggu 1 kali itupun harus minum obat pencahar. Sekarang berat badan saya stuck di 55kg. Pola makan seperti apa ya dok yang cocok dengan saya dan olahraga apa yang cocok dengan saya? Terimakasih dok
20:22 25/08/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
selamat malam. sebelumnya terima kasih untuk pertanyaannya. untuk menentukan pola makan secara spesifik sepertinya perlu assessment lebih lanjut. namun pada prinsipnya untuk menurunkan BB 0.5kg/minggu dapat dilakukan dengan mengurangi asupan kalori 500kkal/hari. memenuhi asupan protein dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok, sedangkan untuk masalah pencernaan anda dapat memenuhi asupan serat setiap harinya. lakukan olahraga yang membuat Anda selalu senang untuk melakukannya sehingga Anda dapat terus rutin dalam melakukan olahraga. cobalah untuk tidak fokus pada penurunan BB yang banyak dalam waktu singkat, namun nikmati prosesnya hingga Anda pun tidak sadar telah mengadopsi gaya hidup yang lebih baik dan sehat. semoga membantu
21:53 25/08/2020