[Masalah Berat Badan]
Ichy Putro
halo selamat pagi 1bulan kemarin bb saya diangka 70-74 setelah lebaran naik smpai angka 81 bagaimana cara mengontrol pola makan (makanan apa yg dianjurkan untuk turun bb) dan olahraga apa yang cocok, kecuali lari terimakasih
07:00 28/08/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Selamat pagi. Terima kasih untuk pertanyaannya. Pada prinsipnya untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan defisit kalori setiap harinya (500-1000 kkal/hari untuk menurunkan 0.5-1kg/minggu). Atur jam makan Anda dengan baik dan disiplin serta usahakan tidak meninggalkan sarapan. perbanyak konsumsi sumber serat seperti sayur dan buah untuk mengontol rasa lapar dan untuk menjadi kenyang lebih lama. sebisa mungkin hindari untuk melakukan aktivitas lain saat mengonsumsi makanan seperti bermain hp/menonton tv agar Anda lebih fokus pada makanan Anda dan mencegah overeating. Apabila Anda gemar mengonsumsi minuman manis, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut setiap minggunya. Melakukan jalan santai pagi/sore 45 menit dapat meningkatkan aktivitas fisik dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. yang terpenting dari olahraga adalah untuk melakukan olahraga yang membuat Anda senang setiap melakukannya sehingga Anda dapat melakukannya secara rutin. Kembali lagi, hasil akhir sangat bergantung pada komitmen Anda. semoga membantu, goodluck :)
07:19 28/08/2020