[Lanjut Usia]
Lidya Wardhani
Ibu saya berusia 90 tahun kemarin baru dirawat di rs karena serangan jantung akibat sesak nafas dan ada pembengkakan jantung juga setelah diperiksa internis ternyata ada gangguan infeksi pneumonia, gangguan ginjal,kolesterol,hipertensi dan diabetes juga..yg ingin ditanyakan nutrisi apakah yg aman dan sesuai buat lansia dengan gangguan berbagai penyakit seperti diatas mengingat beliau tidak punya selera untuk makan ,selama di rs nutrisi digantikan dengan minum diabetasol 6x sehari 200ml dengan durasi pemberian setiap 4 jam sekali..apakah ada saran lainnya untuk kombinasi pemenuhan nutrisi beliau..Terimakasih
10:50 28/08/2020
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo Ibu Lidya, Terimakasih sudah mengajukan konsultasi di dietducate. Pertanyaan Ibu sepertinya blm selesai ya? Secara umum jika ada kondisi infeksi pneumonia harus diberi diet energi tinggi protein tinggi, namun kondisi pembengkakan jantung juga harus diperhatikan tingkat keparahannya. Sementara, utk Ibu ttp diusahakan ada makanan masuk agar tidak kekurangan asupan dan bs menghalau infeksinya, hindari makanan berisiko spt gorengan atau makanan berlemak, makanan asin gurih dan makanan/minuman manis. Semoga ibunya lekas sembuh ya 💓
10:07 29/08/2020