[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Azizah Nur Latifah
Minum suplemen pelangsing akan membuat ketergantungan dan jika berhenti pemakaian maka akan kembali seperti keadaan semula
15:25 28/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo: Yup itu benar k: Berikut penjelasannya > Obat pelangsing baru akan bekerja dengan baik jika dipadukan dengan gaya hidup sehat karena berat badan berisiko naik kembali setelah konsumsi obat pelangsing dihentikan. Selain itu, obat tertentu kemungkinan mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Pada tahun 2010, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik enam merek obat diet dari pasaran karena mengandung sibutramin. Bahan ini mampu meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karenanya, penting untuk mengenali bahan kandungan dalam obat pelangsing agar keinginan untuk kurus tidak malah membahayakan kesehatan. _Mengenali Kandungan dalam Obat Pelangsing: Obat pelangsing yang dijual bebas maupun diresepkan dokter tersedia dengan kandungan bahan dan efek yang berbeda. Sebelum membeli atau mengonsumsinya, pastikan obat tersebut terdaftar di BPOM dan perhatikan nama kandungan yang tertera pada kemasan obat. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa bahan yang umumnya terkandung di dalam pil pelangsing. _Orlistat Cara kerja: mengurangi kadar lemak yang diserap oleh tubuh. Efek samping: Berat badan kembali naik jika pola hidup sehat seperti berolahraga tidak diterapkan Kram perut, buang gas, lebih sering buang air besar.Membuat tubuh sulit menyerap vitamin A, D, E, dan K dalam beberapa waktu. Efek samping orlistat umumnya ringan dan bersifat sementara. Obat dengan kandungan ini dapat digunakan dalam jangka panjang, namun disarankan dikonsumsi setelah pasien menjalani diet rendah lemak. Pengguna obat ini juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin A, D, E dan K. _Phentermine Cara kerja: mengurangi nafsu makan. Efek samping: diare, konstipasi, muntah, insomnia, tremor, sulit bernapas, nyeri dada, jantung berdebar, tekanan darah tinggi, dan mengantuk sehingga membuat Anda tidak mampu melakukan aktivitas seperti mengemudi. Efek samping yang serius akibat phentermine tidak sering terjadi pada penggunaan jangka pendek. Phentermine adalah amphetamine yang berisiko menyebabkan kecanduan. Selain diperlukan resep khusus untuk mendapatkannya, bahan ini disarankan juga hanya dikonsumsi dalam jangka waktu pendek, yaitu hanya beberapa minggu. Tidak dianjurkan dikonsumsi oleh: Ibu hamil dan menyusui.Orang yang memiliki riwayat stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, gagal jantung kongestif, hipertiroidisme, glaukoma.Orang yang punya riwayat penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Phentermine yang diresepkan oleh dokter umumnya dinamakan Duromine. _Qysmia: kombinasi phentermine dan topiramate Cara kerja: mengurangi nafsu makan. Efek samping: tangan dan kaki kesemutan, kepala pusing, insomnia, konstipasi, mulut kering, cacat lahir pada ibu hamil yang mengonsumsi, gangguan mata, dan detak jantung lebih cepat. Tidak dianjurkan dikonsumsi oleh: Wanita hamil atau yang berencana untuk hamil.Pengidap hipertiroidisme, glaukoma, stroke, sakit jantung. Obat yang dikenal dengan merek Qysmia ini dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Meski terbukti efektif, namun mengingat risikonya yang tidak ringan, dianjurkan untuk mengonsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi. Bahan berbahaya: Peredaran produk pelangsing mengandung bahan-bahan berikut telah dilarang karena berisiko membahayakan kesehatan. _Sibutramin Menyebabkan kejang, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak normal, stroke, serangan jantung. _Ephedra Bahan ini memengaruhi kadar gula darah, menyebabkan tekanan darah tinggi, dan mengakibatkan keracunan dan kematian jika dikonsumsi anak-anak. Sejak tahun 2001, BPOM telah melarang penyebaran produk mengandung ephedra. _Rimonabant (Zimulti) Dihubungkan dengan peningkatan risiko gangguan mood, depresi, insomnia, dan bahkan munculnya keinginan untuk bunuh diri. _Phenytoin Digunakan untuk pengobatan epilepsi. Dapat menyebabkan nyeri sendi, sakit kuning, pendarahan, anemia, tulang menjadi lemah, dan meningkatkan kadar gula darah. Untuk mencegah risiko berbahaya, hindari mengonsumsi obat pelangsing yang mengandung bahan-bahan di atas. So > kata kuncinya adalah mengubah gaya hidup : Pada umumnya obat dianjurkan dikonsumsi dalam jangka waktu terbatas. Manfaat dan efeknya tidak akan berlangsung dalam jangka panjang jika tidak disertai dengan perubahan gaya hidup. Selektif memilih makanan sehat dan berolahraga teratur tetap merupakan pondasi menurunkan berat badan. _Selain berisiko, obat pelangsing belum tentu membawa manfaat yang sama jika dikonsumsi oleh orang yang berbeda-beda. Jadikan produk ini hanya sebagai pelengkap di samping usaha utama untuk mengurangi berat badan. Anda bisa mencoba diet alami dan olahraga teratur mencapai hasil maksimal. #Trmksih>Smg bermanfaat
06:13 29/08/2020
Azizah Nur Latifah
Terimakasih
21:39 29/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Trmksih kembali > semoga membantu 😇💪🙏
17:10 01/09/2020