[Masalah Berat Badan]
Marsha Alea
Dok saya remaja usia 19 tahun, saya memiliki masalah berat badan. Saya mempunyai tinggi 154cm dan berat 94.4kg. Sebelumnya saya sudah pernah mulai untuk diet, tapi hasilnya nihil. Berat badan stuck dan malah bertambah. Jadi, diet yang tepat untuk saya seperti apa ya? Sedangkan metabolisme saya sangat buruk. Tolong jawabannya
12:22 30/08/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
halo marsha, terimakasih sudah menggunakan platform ini untuk berkonsultasi. sebelumnya, diet jenis apa yang telah marsha jalani, berapa lama, serta kebiasaan apa yang marsha ubah selama menjalani diet?
12:27 30/08/2020
Marsha Alea
Sebelumnya saya pernah diet dengan defisit kalori dok, tapi itu diimbangi dengan pil diet, saya melakukannya 5 bulan, turun 3 kilo. Sekarang saya mendapat saran dari teman saya untuk coba diet herbalife dan sudah berjalan 5 hari dok, pas hari pertama dan kedua saya turun 1,6kg dok. Tapi sekarang stuck. Bagaimana diet yang tepat dok? Saya butuh menurunkan berat badan untuk mendapat pekerjaan
12:32 30/08/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
sebelumnya saya ingin mengapresiasi apa yang telah kak marsha lakukan dalam proses penurunan berat badan. untuk menentukan jenis diet yang tepat secara spesifik alangkah lebih baik untuk melakukan assessment lebih dalam secara langsung bersama ahli gizi. namun pada prinsipnya untuk menurunkan berat badan memang perlu sadar akan kalori yang diasup setiap harinya. Dengan mengurangi asupan kalori 500-1000 kkal/hari dari kebutuhan per hari dapat membantu menurunkan berat badan 0.5-1 kg/minggu. Cobalah untuk mengatur jam makan kak marsha dan disiplin dengan jam makan tersebut. intermitten fasting mungkin dapat menjadi salah satu pilihan dalam mengatur pola makan dan mengendalikan rasa lapar. kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman manis, serta imbangi dengan olahraga secara rutin seperti jalan pagi/sore untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar kalori. cukupkan konsumsi makanan sumber serat seperti sayur dan buah atau agar2 untuk mengendalikan rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama. serta tidak lupa untuk mencukupi asupan air mineral per hari untuk membantu memperlancar pencernaan. Hasil akhir akan sangat bergantung pula pada komitmen dan kesabaran kak marsha, nikmati prosesnya, dan hargai setiap penurunan berat badan sekecil apapun itu. tetap semangat dan semoga membantu :)
12:55 30/08/2020
Marsha Alea
Jadi apa harus konsul langsung je ahli gizi untuk diet yang tepat? Sedangkan saya search dikota saya belum ada ahli gizi
13:00 30/08/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
akan lebih baik jika program penurunan berat badan kak marsha berada di bawah supervisi medis (ahli gizi/dokter). namun apabila hal tsb tidak memungkinkan untuk dilakukan, saya harap apa yang saya sarankan sebelumnya dapat membantu program penurunan berat badan kak marsha :)
13:09 30/08/2020
Marsha Alea
Baik dok terimakasih saranya
13:12 30/08/2020