[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Selamat siang pak/bu. Saya mau bertanya. BB saya sekarang 62, lalu saya ingin menurunkan bb saya menjadi 55 kg. Pengaturan makan yg tepat untuk saya bagaimana ya pak/bu ? Lalu olahraga yg dianjurkan juga seperti apa? Terimakasih
13:26 30/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak, Terimaksih sudah bertanya di Dietducate. Saya blm bisa memberikan saran dengan detail karena data yg diberikan kurang yaitu TB, umur, aktivitas harian co: kerja kantoran. Pengaturan makan yg kita anjurkan adalah dengan menerapkan pedoman gizi seimbang, 3x makan utama (sekali makan ada karbo, lauk hewani, nabati, sayur dan buah) dan 2-3selingan/snack dengan kalori yg sudah di hitung sesuai tujuan penurunan BB. Olahraga yg dilakukan yg berjenis aerobik contoknya : jogging, zumba, senam aerobik 4-5x seminggu durasi 30 menit (atau sesuai dengan kemampuan di minggu awal mulainya olahraga) Apakah sudah jelas? Semoga membantu :)
01:19 31/08/2020
anonim
Bb 62kg, TB 158cm, aktivitas saya banyak duduk dan setiap jam 09-11 siang saya masak, lalu 1-2x bersepeda kurang lebih 30-60 menit bu
11:05 31/08/2020
Baik, mohon maaf atas keterlambatan dlm menjawab, Basal metabolisme atau energi yg dibutuhkan untuk organ bekerja sekitar 1400 kalori, bila ditambah dgn aktivitas seperti yg kakak jelaskan sekitar 1900 - 2000 kal, Saya coba defisit kalori sebanyak 300kal ya sehingga asupan kaka sehari 1600-1700kal. berikut contoh menunya Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : Nasi merah 1,5 magic com cekung, nasi pecel+sambel kacang, scrambel egg/ telur asin, buah pepaya 1 potong = 500 kal Sepedaan, recovery dengan Selingan pagi 09.00 : susu skim atau low fat -> 150 kal. Makan siang 12.00 : nasi merah 1,5 centong magic com 100 gr, ikan bandeng presto goreng 1 potong, sayur asem 1 mangkok (sayuran mix labu siam, kacang tanah, kacang panjang, daun melinjo), buah jeruk 1 buah -> 500 kal Selingan 15.00: alpukat 1/2 buah kecil 50 - 100 kal Makan malam 18.00 : nasi merah 1 centong magic com ceper 50-70 gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (wortel+jagung+oyong), pepaya 1 potong -> 400 kal Bila malam lapar (boleh iya boleh tidak) : alpukat 1/2 buah 50 kal Penjelasan : 1. konsumsi yogurt 2-3x seminggu untuk memperbaiki hormon lapar kenyang, 2. Sumber karbo beras merah atau jagung mengandung serat lebih tinggi efeknya kenyang lebih lama 3. Sayuran mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2 4. susu sumber kalsium, pilih yg skim atau low fat untuk kesehatan tulang dan memperbaiki hormon 5. air putih 8 gelas sehari 6. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur, selanjutnya stop makan sampai sarapan jam 7 atau selama 13 jam, masih boleh minum no makan, 7. kalori makan malam dianjurkan lebih sedikit drpada makan pagi dan siang (karena aktivitas banyak di pagi dan siang). 8. Maksimal makanan digoreng sehari 1-2 jenis bahan makanan saja co : pagi : tidak ada yg digoreng, siang : bandeng goreng, malam : tidak ada yg digoreng. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, santan kental, 9. Hindari makanan yg terlalu manis : cake dgn cream manis, minuman manis kemasan, softdrink, es campur, es cendol yg tinggi gula, Gula sehari maksimal 4 sdm, 10. Menu makanan rumahan home made lebih terkontrol kalorinya daripada jajan diluar. 11.asupan vitamni E dari taoge, alpukat, Apakah ada pertanyaan?
19:38 17/09/2020