[Masalah Berat Badan]
Dwi Mega
Dok saya sedang melakukan diet untuk menurunkan BB, TB 159 BB 66, sya mengonsumsi susu diet dan teh diet, saya juga melakukan sesuai petunjuk, pagi minum susu sama teh, siang makan setengah porsi nasi lauk sayur dan telor, malam makan buah tp selama 3 minggu ini sya belum turun BB juga. Kenapa ya dok? Saya itu susah banget buat turun BB. Banyak pikiran, makan g teratur kadang sehari 2x juga g turun2 dok. Tp sekalinya makan malem seminggu aja porsi setengah cepet naiknya. Sya hrs gmna yaa?
00:56 31/08/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo Kak Mega, terimakasih sudah bertanya di Dietducate :) Ini ada yg perlu digali lebih dalam untuk masalah yg dialami kak Mega. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa penurunan BB prosesnya tidak sebentar. Sebagai contoh BB berlebih sudah dialami sudah bertahun tahun dan ingin turun hanya dengan 3minggu. Pengaturan makan paling penting adalah mengubah kebiasaan makan yg lebih sehat sehat dan cocok dengan kondisi sehingga harus enjoy menjalaninya. Kalau tidak enjoy akan mengakibatkan perasaan tergesa gesa ingin turun. Kedua, jangan bandingkan proses yang dijalani dengan proses oranglain ya, karena tipe tiap tubuh berbeda-beda Ketiga : Bagaimana olahraganya, apakah sudah dijalankan? Dari penjelasan pola makan kakak, pagi tidak ada karbo? malam tidak ada karbo, lauk, sayur? dan apakah ini berlangsung selama 3 minggu? Saya estimasi asupan sehari, asupan kakak kurang dr kebutuhan kalori sehingga akan berdampak pada kesehatan. Alangkah baiknya untuk mengubah kebiasaan makan kakak dengan menrapkan pedoman gizi seimbang. Apakah sudah paham? Bila masih ingin mengetahui contoh meal plan, saya perlu asesment seperti : 1.umur, aktivitas co: ibu rumah tangga tanp asisten anak 1, 2. olahraga apa yg dilakukan, co : zumba 4x seminggu 30 menit Mohon dijawab ya :)
01:10 31/08/2020
Dwi Mega
Kalo olahraga sya belum sih dok, hehe Soalnya kalo udh pulang kerja cape banget. Usia sya 26 th, sya kerja dok: aktivitas sedang. Untuk pagi dan malam sya minum susu shake dok, krn petunjuknya itu pengganti makan pagi dan malam.
01:23 31/08/2020
Baik, setelah dianalisa, ini kak Mega menjelaskan " sekalinya makan malem seminggu aja porsi setengah cepet naiknya", sehingga untuk metode diet cara pertama blm berhasil ya. Coba kita cari metode ke 2 ya, dan kakak usahakan sebisa mungkin untuk menjalani, coba liat progesnya 1 bulan ini dulu. Dan diet harus terprogram agar mendapatkan hasil yg optimal Tahap 1. Coba ukur lingkar perut, titiknya di pusar melingkar, dan catat, ukur lagi setelah melakukan diet ini ya. Tahap 2. Saya informasikan kalori basal sekitar 1500 kalori, total kalori dengan aktivitas kerja kantoran 2000 kal, saya kurangi 500 kalori, sehingga asupan sehari 1500-1600 kal, Contoh menu 1500 kal Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 06.00 : oats 4sdm (35 gr), susu skim high cal low fat takaran 1 sdm , buah pisang -> 300 kalori Snack pagi 09.00 : milk shake 1/2 serving dr yg tertera -> 130 kal Makan siang 12.00 (bawa bekal) : nasi merah 1,5 centong magic com 100 gr, scramble egg, sayur asem 1 mangkok (sayuran mix labu siam, kacang tanah, kacang panjang, daun melinjo), buah jeruk 1 buah -> 500 kal 17.00. Zumba 20 menit, 4x seminggu (bisa tutorial di yutub), air putih disela setelah zumba 1 gelas Makan malam 18.00 : nasi merah 1 centong magic com ceper 50-70 gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (wortel+jagung+oyong), jeruk 1 buah -> 400 kal Bila malam lapar (boleh iya boleh tidak) : alpukat 1/2 buah 50 kal Penjelasan : 1. Milkshake boleh dilanjutkan untuk snack namun 1/2 serving. 2. Sumber karbo beras merah, jagung mengandung serat lebih tinggi efeknya kenyang lebih lama 3. Sayuran mix 2-3 macam : kaya antioksidan, vitamin mineral, memperbaiki sel2 4. susu sumber kalsium, pilih yg skim yg rendah kalori. 5. air putih 8 gelas sehari 6. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur, selanjutnya lakukan intermitten fasting dr malam sampai sarapan jam6 atau selama 12 jam, masih boleh minum no makan, 7. kalori makan malam dianjurkan lebih sedikit drpada makan pagi dan siang (karena aktivitas banyak di pagi dan siang). 8. Maksimal makanan digoreng sehari 1-2 jenis bahan makanan saja co : pagi : tidak ada yg digoreng, siang : scramble egg, malam : tidak ada yg digoreng. Hindari makanan tinggi lemak : nasi goreng, santan kental, 9. Hindari makanan yg terlalu manis : cake dgn cream manis, minuman manis kemasan, softdrink, es campur, es cendol yg tinggi gula, Gula sehari maksimal 4 sdm, 10. Menu makanan rumahan home made lebih terkontrol kalorinya daripada jajan diluar. 11. HIndari makanan pengawet saus*porsi banyak, kripik, cemilan2, 12. Boleh cheat day 1-2x seminggu, siang hari, porsi cukup dan sorenya bisa olahraga, sehingga makanan yg kelebihan dibakar jadi energi Tahap ketiga lakukan olahraga, bisa pulang kerja, zumba 20 menit aja, malem sblm makan malam atau subuh boleh,, bebas, istirahat/tidak olahraga dlm seminggu 2-3 hari, Apakah ada pertanyaan? KIta evalusi 1 minggu lagi ya, apa kendalanya dll, Mohon chat di kolom ini bila bersedia.
01:51 31/08/2020
Dwi Mega
Siappp, terimakasih yaa dok, sya akan coba yaa
01:55 31/08/2020
bisa kok. optimis ya. Klien ku udah coba di barengi zumba 5x seminggu, lumayan kak.. :), kalo kakak makan kurang dr basal tubuh, nanti pas kakak makan banyakan dikit, naiknya lebih banyak dr pada sebelumnya. ini namanya sindrom yoyo.jadi usahakan pelan2 ya. dibenahi menu hariannya dulu untuk 1 bulan ini seperti di contoh.. semoga berhasil :)
02:04 31/08/2020
Dwi Mega
Dok, apakah tubuh saya ini kategori metabolismenya lambat?
02:04 31/08/2020
belum bisa menyimpulkan. bisa jadi ini baru tahap penyesuian. bila ingin menaikkan metabolisme itu bs dengan olahraga, dan bisa dobel protein tiap kali makan. contohnya: makan siang itu nasi merah 1centong magic com yg cekung (70gr), sop ayam, ayamnya dada 1 potong besar sekitar 100gr, buah jeruk -> kalori sama, tapi diproteinnya dobel, ini bisa menaikkan metabolisme.
02:10 31/08/2020
Dwi Mega
Kata temenku saya ini memang perawakannya gede gt dok, tulang2nya gede. Apakah berpengaruh juga?
02:13 31/08/2020
ini perlu di ukur tebal lemak di beberapa bagian tubuh pakai alat dan ada perhitungannya, kalo misal tebal lemaknya sedikit, itu kan beratnya karna banyak otot, ya butuh effort, kaya binaragawan, mereka bb nya lebih2, tapi otot karna otot itu bagus. tapi kalo misalnya duduk, perut ada lipatan, terus bagian paha lengan digoyangkan ga kencang, itu komposisinya lemak, bisa turun, tapi butuh waktu karna sistem tubuh itu kompleks banget. dan ini kita coba memperbaiki sistem tubuh nya dulu.
02:18 31/08/2020
Dwi Mega
Ok dok, terimakasihh penjelasannyaa yaa.. Saya akan mencoba
02:20 31/08/2020
baik sama-sama kak Mega :)
02:25 31/08/2020