[Lainnya......]
Yuanita Kartika
Apakah terlalu banyak protein menyebabkan jerawat?
15:42 31/08/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo k, _Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan kulit yang terjadi akibat sebum atau minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit. Kondisi ini membuka peluang bagi bakteri untuk berkembang hingga folikel sebasea meradang dan muncullah jerawat. Selain karena wajah yang kotor, makanan juga dianggap sebagai penyebab jerawat dari “dalam”, terutama makanan dengan kandungan protein tertinggi. _Sejauh ini, beberapa penelitian yang pernah dilakukan belum menemukan pengaruh yang signifikan tentang hubungan antara protein dan jerawat. Namun sejumlah penelitian memang menyarankan untuk mengurangi konsumsi protein whey yang biasa ditemukan pada produk susu dari menu diet bila jerawat parah menjadi masalah utama kulit. Ini diduga karena protein whey meningkatkan kadar hormon pertumbuhan insulin like growth factor 1 (IGF-1) dalam tubuh. Selain mempercepat pertumbuhan otot, IGF-1 juga meningkatkan produksi sebum. _Pendapat ini dipertegas oleh Direktur Acne Treatment and Research Center di Morristown, Hilary Baldwin, M.D. yang dilansir dari SELF yang menyebutkan memang belum ada bukti kuat yang menghubungkan protein dengan jerawat. Namun ingat, kulit dan metabolisme setiap individu itu berbeda. Karena itu sebaiknya, Kk melibatkan dokter kulit tepercaya dalam menangani masalah jerawat pada kulit Kk. #Trmksih>Semoga membantu 😇💪🙏
03:51 01/09/2020