[Diet Asam Urat]
Lia Hapsari
Izin bertanya diet yang ampuh bagi penderita asam urat + gagal ginjal kronik
01:53 02/09/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
Terima kasih Lia Hapsari atas pertanyaannya. Sebelumnya apakah pasien telah menjalani hemodialisis (HD)? jika belum HD maka diet yang disarankan yaitu diet rendah protein sekitar 0,6-0,8 gram/kg berat badan per hari. jika BB = 50 kg maka kebutuhan proteinnya 30-40 gram /hari. selain itu jika urin sedikit maka asupan cairan perlu disesuaikan dengan jumlah urin + 750 ml. perlu pembatasan asupan natrium/makanan asin. terima kasih
04:54 03/09/2020
Lia Hapsari
Sudah hd. Sudah 14 tahun menderita GGK
08:33 03/09/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
baik Lia, untuk pasien hd prinsip dietnya adalah diet tinggi protein, protein dapat diberikan 1,0-1,2 gram/ kg berat badan; pembatasan natrium dan kalium juga diperlukan. untuk asupan cairan sesuai dengan jumlah urin+750 ml. untuk lebih jelasnya dapat membaca artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2020/09/03/diet-hemodialisis-cuci-darah/ terima kasih
12:08 03/09/2020