[Kehamilan]
anonim
Saya ingin bertanya apabila ibu hamil dengan keluhan nyeri ulu hati, mual dan lemas, sebaiknya tekstur makanannya bagaimana ya?
05:30 02/09/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Assalamualaikum k, Trmksih sdh konsultasi di Diet ducate: 1. Makan dengan porsi yang sedikit Untuk mengurangi risiko nyeri ulu hati, ketimbang sekaligus makan dalam porsi besar, Bumil bisa mengganti porsi makan menjadi lebih sedikit, dengan frekuensi yang lebih sering. 2. Konsumsi makanan dengan tekstur lunak atau cair Saat mengalami nyeri ulu hati, sebaiknya Bumil banyak mengonsumsi makanan atau minuman cenderung lunak atau cair yang kaya akan nutrisi seperti sup, bubur, nasi tim, sereal atau yoghurt. Makanan seperti ini akan lebih mudah untuk dicerna oleh lambung. 3. Hindari makanan pemicu naiknya asam lambung Bumil juga dapat menghindari konsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti minuman berkarbonasi (minuman soda), makanan atau minuman yang mengandung kafein (kopi, cokelat dan teh), makanan pedas, berminyak, asam, dan berlemak tinggi. 4. Perhatikan posisi duduk saat makan Untuk mencegah nyeri ulu hati, Bumil disarankan untuk makan dengan posisi duduk tegak. Hindari posisi bungkuk, berbaring atau setengah berbaring selama makan hingga 1-2 jam setelah makan. 5. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman Menggunakan baju hamil yang longgar dan nyaman akan membuat ibu hamil terhindar dari rasa sesak. Hindari menggunakan pakaian yang ketat di bagian perut dan pinggang. 6. Tidur yang cukup Tidur yang cukup dapat dilakukan untuk meredakan nyeri ulu hati. Disarankan untuk tidur dengan bantal yang lebih tinggi untuk mencegah asam lambung naik. Bila ingin tidur dengan posisi menyamping, Bumil bisa tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Sebaiknya berhenti makan setidaknya 1-2 jam sebelum tidur malam untuk mencegah naiknya asam lambung. 7. Hindari stres Ibu hamil memang rentan mengalami stres. Namun jika dibiarkan terus-menerus, stres dapat memicu gaya hidup yang tidak sehat, seperti tidak memerhatikan makanan yang dikonsumsi atau kurang berolahraga. Hal inilah yang kemudian dapat memicu asam lambung Bumil mudah naik. _Nyeri ulu hati yang dirasakan saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk menguranginya, Bumil bisa mencoba cara-cara di atas. #Trmksih > Semoga membantu 😇💪🙏
08:27 02/09/2020
Monica Theresia Sibarani, S.Tr. Gz ahligizi
Selamat pagi, terimakasih sudah bertanya melalui platform dietducate. silakan membaca artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2019/11/22/diet-pada-ibu-hamil/ Makan lebih sering namun porsi kecil dengan syarat diet: 1. karbohidrat: kering dan rendah lemak seperti roti panggang, ubi pangggang, crackers, nasi 2. Lauk: rendah lemak dan tanpa tambahan air, misalnya telur dadar, ceplok atau kukus, tempe atau ayam tanpa kulit di panggang, ikan pepes 3. sayuran dikukus, ditumis dengan minyak dan kuah sedikit 4. minum air, susu, jus atau sari buah menggunakan gelas kecil. Sebaiknya jangan terlalu sering menyelingi minum ketika makan. 5.tambahkan air jahe pada minuman untuk mengurangi gejala mual. 6.hindari makanan yg terlalu merangsang saluran cerna seperti (terlalu) pedas, asam, asin, ataupun manis. Semoga dapat membantu. Terimakasih
08:47 02/09/2020