[Masalah Berat Badan]
Alsa Property Lumajang
Dok saya mau tanya, usia saya 21th berat badan saya 69 dg tinggi 155. Diet yg bagaimana cocok dg saya serta olahraga apa yg dianjurkan. Saya bekerja di kantor dan kebanyakan aktifitas nya adalah duduk
09:09 03/09/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Halo kak Alsa, terimakasih untuk pertanyaannya. Apakah kak Alsa pernah menjalani diet/program penurunan berat badan sebelumnya?
09:27 03/09/2020
Alsa Property Lumajang
Blm dok
10:02 03/09/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Baik, jika diestimasi kebutuhan energi kak Alsa berada pada 1500-2300 kkal. 1500 merupakan kalori minimal dalam sehari yang harus diasup untuk keadaan istirahat (tdk melakukan apapun) yang kemudian disebut Basal metabolic rate. sedangkan 2300 merupakan kalori maksimal dalam sehari yang harus diasup untuk mempertahankan berat badan berdasarkan aktivitas Kak Alsa. Apabila Kak Alsa belum pernah melakukan diet sebelumnya, pengaturan pola makan menjadi tahap yang krusial. Atur jam makan Kak Alsa dan cobalah untuk disiplin dengan jadwal tersebut kemudian kombinasikan dengan defisit kalori. Pada prinsipnya pengurangan asupan kalori 500-1000 kkal per hari dapat membantu menurunkan berat badan 0,5-1 kg/minggu. Alangkah lebih baik jika dapat selalu menyertakan pangan sumber serat seperti sayuran dan buah tiap jam makan utama. Makanan sumber serat dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan membuat perut kenyang lebih lama. usahakan untuk tidak melewatkan sarapan, karena hal tersebut dapat memicu overeating pada jam makan berikutnya. Alangkah lebih baik jika kaka Alsa bisa menjadi lebih aktif setiap harinya seperti lebih memilih menggunakan tangga dibanding lift atau apabila WFH, bisa dengan melakukan pekerjaan rumah untuk membantu membakar kalori. Lakukanlah olahraga yang membuat kak Alsa selalu senang untuk melakukannya, sehingga kak Alsa dapat selalu enjoy dan termotivasi untuk terus menjadi lebih aktif. Jangan lupa untuk selalu tanamkan komitmen dan cobalah untuk tidak fokus pada penurunan BB secara dramatis dalam waktu singkat namun nikmati prosesnya, karena stress juga dapat menjadi faktor yg memengaruhi gagal/berhasilnya suatu program penurunan BB. Semoga membantu ya dan semangat Kak Alsa :)
10:34 03/09/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
Asupan kalori per hari sebaiknya tidak di bawah BMR (1500 kkal) agar fungsi vital pada tubuh termasuk pencernaan dapat tetap berjalan dengan maksimal
10:36 03/09/2020
Alsa Property Lumajang
Terimakasih dok🙏
16:19 03/09/2020