[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Rizqy Rahma
Selamat sore bapak/ibu. Saya mau bertanya. Di daerah rumah saya ada lahan kosong yg ditanami tumbuhan lotes/pepaya jepang. Biasanya oleh ibu2 disini di tumis untuk dijadikan lauk. Namun akhir2 ini sudah tidak ada lagi yg mau mengonsumsinya karena katanya dapat menyebabkan kanker. Pertanyaan nya, Apa benar daun pepaya jepang dapat menyebabkan kanker ? Terimakasih pak/bu
17:15 03/09/2020
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo Kak Rizqy, terimakasih atas pertanyaannya. Daun pepaya jepang tidak menyebabkan kanker. Catatan ilmiah yang ada hanya melaporkan efek samping dari kandungan HCN di dalam daun ini yang bisa menjadi sianida, dan itu tidak termasuk memicu kanker atau kerusakan sel-sel tubuh. Efek samping juga dapat dihindari jika kita memasak atau merebus daun ini selama minimal 15 menit. Dan justru sebaliknya, daun pepaya jepang dilaporkan memiliki potensi anti-kanker.
19:58 03/09/2020
Rizqy Rahma
Terimakasih pak
22:27 05/09/2020
Rizqy Rahma
Lalu apa saja dampak positif jika mengonsumsi daun pepaya jepang pak?
07:47 21/09/2020
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Menurut studi daun ini punya senyawa fenolik yang memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan. Antioksidan mampu mengurangi kerusakan pada sel-sel dan jaringan tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Senyawa fenolik juga berguna untuk melawan karsinogen pemicu kanker atau menghambat pertumbuhan kanker. Tapi ingat untuk tetap konsumsi makanan yang bergizi seimbang dan menjaga hiegien serta sanitasi apalagi untuk saat ini. Sebaiknya tidak menganggap salah satu makanan sebagai superfood ya 🙏
15:44 22/09/2020