[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Selamat Sore. Usia saya 22 tahun. Saya mahasiswi. BB= 62 kg, TB: 140 cm. Saya ingin bertanya. Saya ingin menargetkan BB sy turun 10 kg dalam waktu sebulan. Dan saya akan memulai diet sy ketika puasa. Apa saja menu yg bisa saya list dalam sebulan penuh ini utk mencapai target sy? Mohon informasinya. Terima kasih.
17:09 13/05/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Selamat sore,
Sebagai informasi, penurunan sebanyak 500 kalori/hari akan menurunkan sekitar 2 - 4 kg dalam 1 bulan. Sehingga jika penurunan yg direncanakan 10 kg, maka penurunan bisa mencapai setengah dari kebutuhan energi sehari, untuk usia 22 tahun sekitar 2250 kalori maka harus dikurangi menjadi 1100 kalori/hari.
Pengurangan tsb termasuk sangat drastis dan dikhawatirkan dapat mengganggu proses puasa dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan.
Pengurangan 500 kalori selama puasa dapat dijalankan dengan hanya mengonsumsi 1x sahur dan 1x makan besar saat buka puasa dgn komposisi:
- Karbohidrat
- protein hewani
- protein nabati
- sayur
- buah
- snack di antara jam makan setelah buka puasa
- hindari makanan/minuman terlalu manis pada saat buka puasa
Untuk diet 1100 kalori, makan besar hanya 2x selama 1 hari tanpa snack sama sekali.
Terima kasih, semoga membantu :)
13:57 17/05/2018