[Masalah Berat Badan]
Umi Miftahh
Selamat pagi dok, saya sepertinya mengarah pada anoreksia, karena saya menghindari banyak makanan yang menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah dan tubuh saya. Bagaimana cara saya mengatur pola makan saya agar saya bisa menaikkan berat badan tanpa mengganggu tumbuh nya jerawat saya dok. Saat ini kondisi saya sangat lemas, jerawat di mana2, rambut saya rontok
04:10 08/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. jerawat terjadi bukan karena faktor makanan saja kak, tetapi faktor hormonal, kondisi kulit atau respon alergi terhadap krim2 tertentu. Sebaiknya kombinasikan dengan pengobatan di dokter spesialis kulit ya kak. Kalau hanya menghindari makanan tentunya kurang efektif, cari penyebab dan obati. Untuk masalah anoreksianya, saya perlu melakukan asessment lebih lanjut, mohon dijawab ya : 1. Apa saja makanan yg dihindari 2. Bagaimana pola makan sehari-hari (co : makan pagi nasi 2 centong, ayam, sayur, siang sore, ngemil, minuman dst) 3. BB, TB, usia dan aktivitas Anda, misal kerja kantoran. 4. Apakah ada riwayat maag?
20:25 09/09/2020
Umi Miftahh
1. Dairy product, telur 2. Makan sudah banyak tapi bb tetap turun 3. 41 awalnya 47, 154, 20 tahun, mhsw 4. Ada
06:07 10/09/2020
Baik, "Makan sudah banyak tapi bb tetap turun" ini blm bisa terukur kak, jadi sya tidak tahu sudah cukup dr kebutuhan atau belum, karena banyak satu orang dgn yg lainnya berbeda. BB turun terjadi karena makan kurang dari kebutuhan, ada penyakit infeksi atau sering sakit, dan aktivitas tinggi sering begadang nugas dll. jadi kalori harian perlu disesuaikan dgn kondisi tubuh. Bila menghindari susu dan telur bisa diganti dgn sumber protein lainnya, kurangi makanan berlemak/berminyak seperti gorengan, nasi goreng. Karbo pilih yg komplek (nasi, ubi, singkong, oats), hindari makanan yg manis, seperti cake,roti bakar varian rasa toping berlimpah, dll tidak perlu menghindari makanan lain/ketakutan dgn makanan lain karena faktor berjerawat ada banyak aspek, Pilih makanan yg sehat contoh home made 3x makan utama, 3x snack, tiap makan utama mengandung karbo, lauk hewani, nabati sayur dan buah. Kebutuhan kalori kakak aktivitas sedang sekitar 2000 - 2300 kal. Berikut contoh makan 2000 kal Catatan : magic com ukuran ceper warna putih sekitar 50 gr centong magic com yg cekung sekitar 70 gr makan pagi 07.00 : nasi 3 centong magic com ceper, sup ayam 1mangkok, isian ayam dada 100gr, wortel, buncis+tahu putih 1 buah, pisang 1 buah -> 500 kalori Selingan pagi 09.00 :sari kacang hijau/susu kedelai 150 kal Makan siang 12.00 : nasi 3 centong magic com ceper 150 gr, ikan bandeng presto goreng, sayur asem 1 mangkok (sayuran mix labu siam, kacang tanah, kacang panjang, daun melinjo), buah jeruk 1 buah -> 700 kal Selingan 15.00: edamame rebus 1 genggaman (30gr) atau alpukat 1/2 buah kecil atau biji bunga matahari 30 gr = 1 genggam (sumber vit E) = 50 - 100 kal Makan malam 18.00 : nasi 3 centong magic com ceper 150 gr, pepes ikan kakap+tahu 1 buah, 1 mangkok sayur bayam (wortel+jagung+oyong) , jus jambu 200 ml + madu 1 sdm -> 500 kal Supper:(snack malam) : singkong rebus 1ptg kecil : 90 kal Semoga membantu :)
00:19 11/09/2020