[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Selamat siang dok, saya sudah menderita diabetes sejak umur 13 tahun, saya mendapat suntikan insulin. Dan sangat sulit untuk berhenti makan dan sering sekali haus. Bagaimana cara mengontrol makan karena saya terus merasa lapar
13:12 08/09/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
selamat siang, terima kasih untuk pertanyaannya. Penderita diabetes melitus memang umumnya memiliki ciri2 banyak makan dan banyak minum. untuk mengendalikan rasa lapar dapat dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan sumber serat, utamakan sayuran/agar2 dengan gula yg dibatasi/menggunakan gula diet DM. pasien dengan DM umumnya disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber serat lebih banyak dibandingkan dengan orang tanpa DM. makanan sumber serat membuat proses pencernaan makanan berjalan lebih lama sehingga dapat membantu membuat perasaan kenyang lebih lama. selain itu makanan sumber serat juga dapat membantu dalam hal kontrol gula darah dan rendah kalori. Alangkah lebih baik jika mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks (kentang,oatmeal) dibanding karbohidrat sederhana (mie, tepung2an). tidak lupa untuk cukupkan pula konsumsi protein seperti yang telah disarankan. protein juga dapat membantu membuat perasaan kenyang lebih lama. semoga membantu :)
14:06 08/09/2020