[Lainnya......]
anonim
Makanan yang di anjurkan dan tidak di anjurkan untuk orang yg sudah melakukan oprasi.. termasuk oprasi mata
23:06 09/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di Dietducate Pengaturan makan dibedakan antara bedah minor dan mayor. Operasi mata seperti lasix dan karatak termasuk bedah minor (kecil). Pengaturan makan jg berkaitan dengan penyakit penyerta yang diderita. Misal pasien operasi dgn tekanan darah tinggi -> pembatasan garam. Untuk pengaturan makan pasca operasi mata tanpa penyakit penyerta lain, yang dianjurkan : 1. makan dengan gizi seimbang 3x makan utama 2-3x snack sesuai kalori kebutuhan tubuh. 3x makan utama, tiap makan berisi (karbo, lauk hewani 1 potong, nabati 1 potong, sayuran mix 2-3 macem 2-3 sendok sayur , dan buah 1 buah). Snack pagi bisa dipilih susu 1 gelas 250 ml, snack sore buah-buahan 1-2 potong/buah. Makanan yang dihindari : berlemak banyak (nasi goreng, gorengan bakwan, mendoan), santan kental dan snack/cemilan rendah kalori tinggi garam, Semoga membantu :)
23:56 09/09/2020