[Bayi & Balita]
anonim
Dok anak saya berusia 2 tahun 2 bulan, berat badannya 10kg. Makannya tidak ada masalah, sayur, buah, camilan, susunya juga sering, hanya saja berat badannya tidak naik dan bahkan bila anak saya terkadang makannya tiba tiba menurun (tidak dihabiskan) dalam beberapa hari timbangannya turun dan setelah stabil BBnya kembali lagi 10kg.
saya khawatir ada masalah dalam penyerapan gizinya dalam tubuh. apa yang harus saya lakukan ya dok?
Terima kasih.
07:42 18/05/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Terima kasih telah bertanya pada AhligiziID.
Berat badan normal balita laki-laki usia 26 bulan adalah berkisar antara 10,0 - 15,8 kg, sedangkan balita perempuan dengan umur yang sama berat badan normalnya berkisar 9,4 - 15,4 kg. Jadi baik laki-laki ataupun perempuan balita bunda berada pada rentang normal.
Namun sebaiknya bunda waspada bila berat badan balita tidak bertambah tiap bulannya. Penambahan berat badan yang dianjurkan anak balita di atas 1 tahun adalah 200 gram (2 ons) tiap bulannya. Bila balita tidak ada masalah makan, namun berat badannya tidak bertambah, ada baiknya balita diberikan makanan padat gizi seperti dengan menambahkan margarin/minyak, santan pada pengolahannya (misal nasi goreng, nasi udak, opor ayam, sayur bobor) atau juga bisa diberikan makanan tambahan seperti cake & biskuit.
Bila nafsu anak menurun bunda dapat memberikan suplemen multivitamin untuk balita yang bisa didapatkan di apotek terdekat. Dan jangan sungkan untuk bertanya pada kami bila ada masalah lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.
Salam Sehat!
13:08 07/06/2018