[Bayi & Balita]
anonim
Dok ,anak saya perempuan usia 12m22d ,bb saat ini 5,7kg Tb 63 ,anak saya sedang pengobatan TB ,untuk boost BB ,saya harus bagaimana ? Terimakasih
20:13 10/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
halo terimakasih sudah bertanya di Dietducate, apakah sudah dikonsultasikan ke dokter spesialis anak? Bila sudah, saya perlu assessment lebih lanjut untuk bs menentukan pengaturan makan yg tepat, mohon dijawab ya 1. BB lahir berapa, cukup bln atau prematur? 2. BB bulan ini naik brp ons/gram? 3. kebiasaan makan dirumah bagaimana?, co : nasi 3sdm kuah sayur,lauk telur ayam 1/2 buah minum air putih dst dst, 4. susu yg dikonsumsi apa? brp kali sehari, dibuat dgn takaran seberapa. misal bebelac 3 8x120cc, sekali membuat 2 sd takar. 5.sudah cek darah, apakah ada anemia? 6. suplementasi dan obat yg diberikan dokter apa saja. 7. ada sakit penyerta atau tidak misal muntah.
23:44 10/09/2020
anonim
Sudah di konsultasikan dok 1. BB lahir 2.470gr cukup bulan 2. Bulan ini naik 2ons 3. Makan 3kali ,2kali nasi tim dgn lauk (tiap hari pasti ada telur ,daging ayam/daging sapi) ,makan paling bnyk 1sdm ,1kali bubur fortif 1/2 saset ,krma memang anak saya small eater 4. Susu nutrinidrink (baru konsumsi 2minggu ini ) 3kali 50cc 4sd tkar 5. Sudah cek darah ,hb 13,3 6. Vit & zat besi 7. Sedang pengobatan TB paru Demikian dok
12:09 11/09/2020
Baik, untuk anak dengan BB kurang biasanya kapasitas lambungnya kecil, jadi sudah benar bila makan dgn porsi kecil tp sering, kalo uda konsisten, lama2 kapasitas lambung meningkat, apalagi dgn adanya infeksi TBC, nafsu makan anak biasanya menurun. jadi kuncinya tricky di pemberian makan dan ditelateni. Kenaikan bulan ini bagus ya moms, karena masuk ke target kenaikan BB minimal usia 1 th yaitu 2 ons. BB seharusnya yg sesuai dgn garis pertumbuhan usia 12 bln sekitar 7kg, tidak apa, pelan2 bila pengobatan sudah selesai biasanya akan bb naik, jadi jangan patah semangat ya moms, Perlu diperhatikan tumbuh kejarnya tidak bs cepat ya moms, targetnya BB naik ke garis pertumbuhan dan bertahap karena disesuaikan daya terima makan si anak. Memaksa anak makan malah akan menyebabkan trauma sehingga anak menjadi tidak mau makan. jadi sabar dan pelan2, Kebutuhan kalori anak 1 th, sekitar 1000 kalori kebutuhan cairan 600-1000 ml, Contoh jadwal : 06.00 minum nutridrink 50 cc = 50 kal setelah itu baru boleh ASI 07.00 Makan nasi tim (bahan: 1.5 centong nasi 125 gr gr+opor ayam 2 potong kecil 100 gr+ telur 1/2 buah+tahu 1/2 buah+wortel 1 sdm saja (sayur tidak boleh banyak, utamakan karbo, protein hewan, lemak) -> dibagi 3 kali makan jadinya 1 porsi 200 kalori, setelah makan baru boleh asi, 10.00 Minum nutridrink 50 ml = 50 kal 12.00 nasi tim opor ayam 1 porsi 200 kalori 15.00 nutri drink 50 ml = 50 kal 17.00 nasi tim opor ayam 1 porsi 200 kalori 20.00. Nutridrink 50 ml= 50 kal 23.00 nutri drink 50 ml - 100 ml = 50-100 kal 02.00 nutri drink 50-100 ml = 50-100 kal 04.00 nutri drink 50 ml = 50 kal Notes : awasi daya terima anak, bagaimana BABnya, catat dan konsultasikan ke dokter spesialis ya brp kali pemberian susu dan makanan, dan kita tadi sedikit belajar kalori sehingga ada gambaran brp kalori yg masuk ke anak, Tips : 1. Utamakan karbo, lauk hewani, dan lemak dahulu, 2. Target minum sufor dulu baru pemberian ASI, tidak diperkenankan nenen dahulu, dikarenakan ASI tidak tertakar brp cc pemberian, sedangkan sufor lebih tertakar. 3. Disiplin, makan sesuai jam, jadi perhatikan lapar kenyang anak, pengosongan lambung untuk makan nasi tim sekitar 2-3 jam setelah makan (bila dihabiskan), jadwal ini kondisional banget, sesuai kondisi anak, jadi moms sebaiknya mengamati ya. 5. Kasih olahan yg bersantan bila tidak bersantan, tambahkan minyak 1,5 sendok makan tiap masak nasi tim untuk 1 hari, co : opor, soto ayam, lodeh daging sapi, masih banyak yg lainnya dikreasikan. 6. Bila makan anak tidak habis misal hanya setengah, jadi kalori yg masuk kan 1/2 porsi =100 kalori, targrt makan kan 200 kalori, jadi tawarkan bubur fortifikasi 1-2 jam sth makan, biskuit susu dll pengganti makanan yg tidak habis tadi, . 7. Susu berikan jg pada dini hari, coba dibuatkan 2x takaran = 100 ml (takaran sesuaikan label), biasanya anak saat malam haus dan lapar sehingga bisa minum bisa lebih banyak, bersihkan dengan kain kasa basah setelah minum susu agar gigi tidak berlubang. 8. suplemen diberkan pagi hari saat perut kosong, contoh pagi Fe, malam hari zink/vitamin lainnya. Apakah ada pertanyaan? Saya butuh feedback bagaimana treatment yg dijalankan, jadi saya akan kontak lg untuk monitoring evaluasi ya moms, Semoga membantu :)
18:03 11/09/2020
anonim
Terimakasih banyak atas penjelasannya dok Anak saya minum sufornya blm mau pakai dot ,jadi selama ini minumnya di sendokin ,jadwal minum sufornya mentok sampai jam 8malam , Bagaimana mensiasati minum sufor yg malam hari ya dok ?
20:03 11/09/2020
Sama-sama. bisa ditambahkan cc nya pagi sampai sblm tidur, tapi kalau daya terima anak masih sedikit ya solusinya kalau kalori harian ingin terpenuhi pakai spluit 50 cc atau botol pipet.
20:26 11/09/2020
anonim
Baik dok Maaf kalo target nutrinidrink nya sendiri sehari minimal brpa cc y dok ?
20:38 11/09/2020
Tergantung terapi yg diberikan dokternya, biasanya dokter memberikan sesuai daya terima anak terlebih dahulu, dimulai dari 50 cc per pemberian kalau anak bisa minum susu 8x sehari tiap pemberian 50cc, jadi energi yg masuk baru 400 kal, cairan yg masuk baru 400 ml, Dosis susu biasanya akan naik bertahap. Takaran susu harap dicermati di label kemasan ya atau sesuai yg diinstruksikan dokter. Konsultasikan ke dokter spesialisnya untuk kendala pemberian sufor karena rekomendasi sufor diawasi oleh dokter. Semoga membantu :)
21:16 11/09/2020
anonim
Baik ,saat kontrol saya tanyakan ke dokternya untuk dosis minum sufornya Kalau untuk makanan bersantan ,jika santannya dr kelapa murni harus pakai santan kani (santan kental) tidak ? Takarannya berapa agar kalorinya tetap terjaga ? Karena anak saya kurang suka santan instan
14:20 12/09/2020
masak opor seperti biasa, menggunakan santan dr kelapa tua, rasanya lebih enak drpada santan yg instan. misal untuk masak 1/2 kg ayam, santannya dari 1/2 butir kelapa parut.
14:34 12/09/2020
anonim
Hallo kak ,anak saya tgl 18 sept sudah kontrol ,untuk BB alhamdulillah naik 1,1kg Tp untuk feeding rulles masih blm berjalan dgn baik kak Dan minum sufornya masih sehari 3x dengan dosis per sekali minum 50cc Makannya kadang 2x sehari tanpa cemilan karna masih susah atur jadwal
11:52 25/09/2020
halo kak, wah keren, senangnya dikabarin BB naik banyak 😍. Lanjutkan ya kak, engga ada kendala kak?
13:22 04/10/2020
Ini ada perubahan jadwal ya kak, untuk nutridrin 1 cc 1,5 kalori, 05.00 minum nutridrink 50 cc = 75 kal setelah itu baru boleh ASI 07.00 Makan nasi tim (bahan: 1.5 centong nasi 125 gr gr+soto medan (ada santannya) +ayam 2 potong kecil 100 gr+ telur 1/2 buah+tahu 1/2 buah+wortel cincang 3 sdm saja (sayur tidak boleh banyak, utamakan karbo, protein hewan, lemak) -> dibagi 3 kali makan jadinya 1 porsi 200 kalori, tawarkan buah-buahan setelah makan, sedikit aja gpp untuk perkenalan rasa sja biar anak kemudian hari suka buah. contohnya buah pir/semangka 1 potong, setelah makan baru boleh asi, 10.00 Minum nutridrink 50 ml = 75 kal, 11.00 cemilan : tempe goreng/bubur kacang hijau/ biskuit = 50 kal 12.00 nasi tim opor ayam 1 porsi 200 kalori 15.00 nutri drink 50 ml = 75 kal 17.00 nasi tim opor ayam 1 porsi 200 kalori 20.00. Nutridrink 50 ml= 75 kal Kalau kebangun boleh nutridirink atau ASI. Catatan : 1. Buah dan sayur tetap diberikan untuk perkenalan rasa, tidak perlu terlalu banyak
13:27 04/10/2020
anonim
Alhamdulillah kak ,saya juga senang sekali 😍 ,semoga bisa kejar bb yg ketinggalan , Kendala masih dengan porsi makan kak ,blm bisa banyak , Jadi Nasi saya tim pakai air santan ,kadang di tambah keju ,biar nambah kalori ,hehe ,biarpun makan sedikit mudah2an kalorinya mencukupi Untuk nutrinidrink skrng minumnya 2kali kak, masih terkendala pemberiannya karena mau nya pakai media sendok Kak ,kalo misal makan utama cuma habis sedikit terus di lanjut snack tinggi kalori boleh tidak ? Terus kalo pemberian puding maksimal seminggu brapa hari kak ?
13:59 04/10/2020
iya semangat moms 😍, boleh, kalo makan tidak habis, ditambahkan setelah makan snack tinggi kalori. kalaupun ingin puding, dibuatkan yg tinggi kalori ,contoh puding yang tinggi kalori: roti tawar+susu cair fullcream, frekuensinya tergantung selera anak, bs 1-2x seminggu. Kalau puding biasa tidak ditambahkan apa2, kurang dianjurkan karna kalorinya kurang memenuhi.
14:08 04/10/2020
anonim
Bissmillah mudah2an bisa menerapkan feeding rulles ya kak , Iya kak ,biasanya saya bikin puding roti tawar + sufor + santan Sebelumnya terimakasih bnyk ya kak untuk bimbingannya ,🙏
14:12 04/10/2020
anonim
Kak ,kalo misal saya bikin pudingnya malam ,pakai santan+sufor ga papa ya kak ? Maksimal bisa di konsumsi brpa hari ? Takut ada bakterinya
14:13 04/10/2020
Bila kulkasnya dingin sekali, ditaruh di tempat kedap (box plastik) tahan 2 hr maksimal 3 hari kak. Sebelum diberikan ke anak, coba dicicipi dulu apakah masih enak/sudah berlendir. Baik, sama sama kak 😊
16:14 04/10/2020