[Masalah Berat Badan]
Riska amelia
assalamualaikum, hai tinggi sya 148 tapi berat saya sudh 50 kg, dan sudah ditegur gendut . mau diet sehat gimana yah pola tiap harinya
21:27 11/09/2020
Nadya Elfita, S.Gz ahligizi
selamat pagi. terima kasih untuk pertanyaannya. apabila saya estimasi kebutuhan kalori ka riska berada pada 1140-1710 kkal/hari (untuk aktivitas ringan). 1140 kkal adalah kalori minimal yang perlu dipenuhi perharinya dalam keadaan istirahat (BMR). pengurangan 500-1000 kkal/hari dapat membantu menurunkan bb 0.5-1 kg/minggunya. usahakan untuk tidak mengasup total kalori/hari lebih rendah dibanding nilai BMR agar metabolisme tubuh tetap berjalan normal termasuk kerja sistem pencernaan. hal utama yang memegang kunci kesuksesan penurunan BB adalah niat dan komitmen. kemudian mulailah untuk sadar dengan nilai kalori pada tiap makanan, coba untuk biasakan membaca label kandungan gizi setiap hendak membeli dan mengonsumsi makanan agar asupan kalori tetap terkontrol. mengonsumsi makanan sumber serat seperti buah, sayur, atau agar2 selain memiliki kalori yang lebih rendah, juga dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama dan mengontrol rasa lapar. lakukan olahraga yang membuat ka Riska selalu senang untuk melakukannya agar olahraga dapat dilakukan secara rutin. usahakan untuk tidur cukup 7-9 jam per hari dan selalu jaga komitmen ka Riska dalam program penurunan berat badan. semoga membantu :)
08:41 14/09/2020