[Lainnya......]
anonim
Apakah konsumsi air mineral ada kaitannya dengan susah BAB
15:50 12/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
penyebab susah buang air besar
1. perubahan pola makan. Misal tadinya diet yg sedang tren dgn tinggi serat kemudian ikut tren pindah ke diet keto. Atau tadinya makan dgn cukup serat, namun beberapa hari makan makanan tinggi lemak.
2. Makan terlalu sedikit, misal cuma makan sehari 1x,
3. Konsumsi suplemen vitamin, mineral seperti kalsium, zat besi dll dgn dosis tinggi.
4. Konsumsi obat2an antibiotik -> bakteri usus mati -> ketidakseimbangan usus besar -> bowel movement lambat-> bab bs 2 atau 3 hr sekali
5. Dehidrasi, apalagi cuaca sedang panas
6. Kurang serat, dimana kebutuhan serat orang dewasa 25 - 30 gram sehari. bila diterjemahkan secara gampangny sekitar 300gr-500 gr (100 gr = 3sendok ampasnya dan buah 300-500 gr/porsi sehari.
7. Konsumsi tinggi lemak dan bersantan, misal : pagi nasi uduk, siang nasi tengkleng, sore nasi goreng , cemilan : gorengan.
8. kurang gerak, sering rebahan sehingga pergerakan usus menjadi kurang baik.
Konsumsi minuman dgn komposisi mineral, ini tergantung brp takarannya. kalau 1 botol 250-500ml untuk rehidrasi tidak masalah, yg penting asupan cairan dipenuhi. indikator tidak dehidrasi air kencing selalu berwarna jernih.
Semoga membantu.
12:38 13/09/2020