[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Dok saya ada indikasi DM dan memang ayah saya terkena DM, otomatis saya beresiko tinggi terkena penyakit itu. Saya sudah konsultasi ke internist, saya selalu tanya pantangan2 makanannya apa saja supaya saya tidak terkena penyakit tsb,tapi kawabannya kurang puas, beliau selalu menjawab tidak ada pantangan hanya kiantitasnya di kurangi saja. Tapi saya penasaran makanan diet apa secara lebih detail yang baik buat penderita penyakit ini? Dan makanan apa yang benar2 harus berhenti mengonsumsinya? Makasi dok sebelumnya.
15:15 13/09/2020
Ayu Rahadiyanti, S.Gz, MPH ahligizi
salam kak. untuk risiko DM jika orang tua mengalami DM (faktor genetik) hanya sekitar 10%. DM lebih disebabkan gaya hidup yang kurang baik misal konsumsi makanan manis,tinggi kalori, tinggi lemak, rendah serat, kurangnya aktivitas fisik, gaya hidup sedenter. namun tidak ada salahnya lebih berhati hati dengan mengkonsumsi makanan dengan indek dan beban glikemik yg rendah seperti sayur dan buah. untuk lebih lengkapnya terkait pengaturan indeks dan beban glikemik dapat dilihat lada artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2020/08/17/pengaturan-indeks-glikemik-beban-glikemik-dan-penghitungan-karbohidrat-pada-diabetes-mellitus/ semoga sehat selalu kak. terima kasih
20:29 16/09/2020