[Masalah Berat Badan]
Zhara Nur Azizah Azwar
Apakah untuk menurunkan berat badan drastis boleh untuk tidak mengkonsumsi nasi? Dan bagaimana pola yang tepat untuk menurunkan bb secara teratur? Masih bisa mengkonsumsi makanan berminyak atau tidak?
16:06 13/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Zhara terimakasih sudah bertanya di Dietducate.
Prinsip menurunkan BB dgn cara defisit kalori ditambah olahraga secara teratur dgn terprogram. bila tidak terprogram tujuan menurunkan BB akan sulit tercapai.
Nasi bisa diganti dgn sumber karbo lain yg lebih tinggi seratnya seperti beras merah, oats, jagung, ubi. Diharapkan tetap mengkonsumsi karbo sebagai sumber tenaga.
Makanan berminyak sudah dibatasi 1x digoreng 1x masakan di tumis dlm sehari (setara dgn lemak jenuh <10%). Gunanya agar tubuh lebih efisien dlm mengambil lemak dlm tubuh sbg sumber tenaga.
Semoga membantu :)
16:17 13/09/2020