[Masalah Berat Badan]
anonim
Selamat Malam, saya ingin konsultasi BB saya 51 dengan tinggi 167, berat yang saya inginkan 57kg, saya sudah mencoba berbagai cara di youtube untuk menaikan berat badan namun belum berhasil, bagaimana pola makan yg harus saya lakukan agar mencapai target BB 57kg dalam waktu kurang dari 1 bulan? Terimakasih
18:25 13/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Saya perlu assessment lebih lanjut ya 1. coba jelaskan po;a diet yg sebelumnya agar bs dievaluasi 2. aktivitas sehari seperti apa? 3. umur, jenis kelamin 4. olahraga yang dilakukan dlm seminggu 5. pola makan sehari dan porsinya contoh yg dimakan di menu pagi, siang, sore dan cemilan. Mohon dijawab ya :)
11:58 21/09/2020
anonim
1. Saya tidak pernah diet, justru ingin menambah berat badan, makan sudah banyak namun belum bisa naik bb juga 2. Aktifitas sehari2 ringan 3. Umur 24th, Perempuan 4. Olahraga workout seperti squad seminggu 3x 5. Semisal sarapan nasi gudeg, siang nasi gudeg, sore minum susu madu/jus buah, malam nasi uduk paru Pola makan seperti apa agar saya bisa menambah bb? Terimakasih
07:31 10/10/2020
Baik, saya jelaskan terlebih dahulu, kenaikan BB dalam 1 bulan normalnya 2-4 kg dengan penambahan 300-500kal bila konsisten, namun, hal ini hanya estimasi, banyak faktor yg mempengaruhi seperti kondisi metabolisme tubuh. Kebutuhan kalori harian dengan kebanyakan duduk 1850 kal, untuk menaikkan BB butuh 2100 - 2300 kal. Untuk menu bisa disesuaikan dgn kebiasaan makan dirumah, ini contoh meal plan 2100-2300 kkal, protein 18-20%, lemak 30%, karb 55-60%, lemak jenuh 15%, Sarapan pagi 06.00 Nasi 150 gr, 3 centong magic com ukuran ceper, urap sayur 1 porsi, telur dadar, buah pisang 1 buah = 600 kal Olahraga : squat kombinasi latihan beban lainnya 2hr, 1 hari istirahat, durasi/frekuensi 30 menit (intensitas sedang saja/tidak sampe nafas tersengal sengal) setelah itu recovery otot dengan snack pagi Snack pagi : oats 2 sdm+susu fullcream/susu skim = 200 kal Makan siang 12.00 : Nasi 150 gr, tumis kacang panjang+taoge+teri porsi 2-3 sendok sayur, bandeng presto goreng 1 potong, tahu bacem, jus jambu = 700 kal Snack sore : ubi ungu rebus 1 potong = 100-150 kal kal Makan malam 18.00 Nasi 100 gr atau 2 centong nasi, sup (isian daging ayam bagian dada 2 buah atau 100 gr, jagung, wortel, brokoli) porsi 1 mangkuk, tempe goreng 1 potong tebal, buah mangga 1/2 - 1 buah = 600 kal Snack malam sblm tidur : buah pepaya 1-2potong = 100 kal Evaluasi 1 bulan kemudian, bagaimana progres kenaikan BB bila sudah mencapai kenaikan berat badan sampai ideal, lakukan konsultasi kembali untuk mengatur kalori untuk mencegah kenaikan BB berkepanjangan. Semoga membantu 😊
00:24 17/10/2020