[Kehamilan]
silvy amaliyah
boleh hamil tetap menyusui?
19:54 13/09/2020
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Assalamualaikum k, Trmksih sdh konsultasi di Dietducate: Jawabannya boleh k. Kk dapat memberikan Asupan Gizi kepada bayi di dalam kandungan dan memproduksi ASI untuk anak yang masih menyusui pada saat bersamaan. Hamil sambil menyusui juga tidak akan mempengaruhi kehamilan atau mengganggu pertumbuhan dan perkembangan Si Kakak maupun Si Adik. Meski demikian, menyusui dan hamil dalam waktu bersamaan akan mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh Kk, seperti: _Munculnya kontraksi ringan pada rahim. Hal ini dirangsang oleh hormon oksitosin yang dilepaskan oleh tubuh saat Kk menyusui. Pada kehamilan yang sehat, kontraksi ini tidak akan membahayakan janin atau menimbulkan masalah, seperti kelahiran prematur. _ASI berubah menjadi kolostrum. Rasa kolostrum yang lebih asin dan kurang manis mungkin dapat membuat Si Kakak enggan menyusu. _Puting dan payudara Kk akan terasa sakit. _Kk akan merasa lebih lelah. Tips bagi Ibu Hamil yang Menyusui: Agar Kk tetap sehat dan bugar, serta pertumbuhan dan perkembangan kedua buah hati tidak terganggu, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diingat oleh ibu hamil menyusui: _Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan tambahan kalori, banyak minum, dan lebih banyak beristirahat. Ingatlah bahwa Kakak membutuhkan lebih banyak energi dan kedua buah hati memerlukan banyak Asupan Gizi. _Jika puting payudara terasa sakit, kompres dengan air dingin atau oleskan pelembap. _Agar lebih nyaman dan tidak cepat lelah, menyusuilah dalam posisi duduk atau tidur miring. #Trmksih > Semoga membantu & Keluarga dlm keadaan sehat selalu 😇🙏
07:52 14/09/2020