[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Malam ka, bagaimana cara diet yang baik supaya menstruasi nya lancar tiap bulan? Terimakasih banyak
21:22 13/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Saya perlu assessment dulu ya agar tau kondisi detail adik, 1. Usia nya brp, menstruasi dr umur brp 2. BB, TB nya 3. Bagaimana kebiasaan makan 1 bln ini, misal pagi, siang, sore snack dan porsi nya ya. Tujuannya menghitung kalori harian yg masuk agar saya tau bagaimana asupan dan zat gizinya. 4. Biasanya pola menstruasi nya bagaimana, dan sudah berapa lama tidak lancar. mohon dijawab ya.
21:32 13/09/2020
anonim
1. Usia 21 thn, menstruasi usia 13 tahun (naik ke kelas 3 smp) 2. BB 60 TB 157 3. Makan biasanya ngga teratur, terkadang terlewat sarapan 4. Menstruasi nya tidak lancar, biasanya 2 bulan sekali. Terakhir menstruasi akhir desember 2019 sampai akhir juni 2020 baru menstruasi lagi, kemudian dari juni sampai sekarang belum menstruasi lagi.
08:30 14/09/2020
pernah menjalani program diet ga? misal diet mayo, ocd, ato keto yg lg ngetren, klo pernah sejak kapan?
08:37 14/09/2020
anonim
Belum pernah sama sekali ka, paling kalau diet mengurangi porsi nasi sama puasa aja ka
16:18 14/09/2020
Halo kak mohon maaf keterlambatannya dalam menjawab. Biasanya mentruasi sering tidak lancer dikarenakan kurangnya zat gizi makro (karbo, lemak, protein) dan mikro (vitamin dan mineral) yang terjadi jangka waktu lama. Nah ini terjadi pada org dengan aktivitas tinggi (misal atlet perempuan) atau remaja yang suka ikut diet tren yang makan hanya sedikit. Alih-alih untuk menurunkan berat badan namun yg terjadi siklus menstruasi tidak lancar. Untuk case nya kakak, coba untuk penuhi gizinya dulu ya, 2 - 4minggu kdpn, bila masih blm lancar tiap bulan dan blm ada perubahan, pola makan yg sehat tetap dilanjutkan dan konsultasi dengan dokter spesialis obgyn untuk masalah menstruasinya. BB 60 kg TB 157 cm IMT nya 24,5 kg/m2 atau overweight. idealnya 50 - 55 kg. Basal metabolisme tubuh 1400 kal, dan kebutuhan energi untuk aktivitas kebanyakan duduk sekitar 1900 kal *estimasi ini bisa kurang/lebih tergantung aktivitasnya ya. sy menyimpulkan kalo pandemi akan sering duduk/ rebahan. Diet 1900 kalori (fat 25-30%, protein 15%, carbohydrate 60%, calcium 1000mg + vitamin D +omega 3 500mg) catatan porsi : 1 centong magic com ceper 50 gr atau 1 centong magic com cekung 70 gr Sarapan 06.00 Nasi 1,5 centong magic com cekung (100 gr), sup ayam (isian ayam 1 potong dada, brokoli, wortel, kentang), tempe goreng 1 potong = 500 kal, prot 25 gr Snack pagi : susu skim high calsium 3 sdm + air 250 ml = 150 kal, prot 8 gr Berjemur pagi 09.00 10-15 menit Makan siang : Nasi 2 centong magic com cekung 150 gr, scramble egg (minyak sedikit), tumis kacang panjang + toge kedelai + teri+ tahu ukuran 2-3 sendok sayur, minuman jeruk manis = 600 kalori, prot 24 gr Snack sore : sari kacang hijau (homemade) 150 kalori prot 4 gr Makan sore/malam : Nasi 1,5 centng magic com cekung 100 gr, sayur asem (isian melinjo, labu siam, kacang tanah, kacang panjang, daging sapi 2 potong) ukuran ampas 2 sendok sayur, bandeng goreng 1 potong, buah melon 1 potong besar = 400 kalori Selingan malam : alpukat ½ buah = 50-100 kalori Catatan : 1. Makan dgn gizi seimbang 3x makan utama, 3x snack, seperti diatas ya 2. Menu ikan laut seminggu 2-3x 3. Minum air putih 8 gelas sehari 4. Jogging sebentar atau olahraga 20menit senam aerobik/zumba yang ringan saja 3-4x seminggu. 5. Sayuran bervariasi ya seperti contoh : kombinasi 2-3 jenis sayuran, Dicoba ya kak. Apakah ada yang ditanyakan?
12:19 17/09/2020
anonim
Terimakasih banyak ka, untuk saran yang sangat bermanfaat nya ☺☺
20:15 17/09/2020
baik kak sama-sama :)
20:37 17/09/2020
anonim
Ka maaf mau minta saran, susu skim high calsium yang baik apa saja?
19:40 20/09/2020
dipasaran ada hilo active low fat hi cal 650mg kalsium per serving, ada tropicana low fat, tropicana susu skim, susu skim indoprima 850mg kalsium per serving juga ada kak yg agak ekonomis, banyak pilihannya bisa disesuaikan. efek samping konsumsi susu hi cal akan sembelit bila kakak tidak mengkonsumsi sayur, jadi pastikan menu hariannya seperti yg sudah di rekomendasikan ya agar mencegah sembelit. :)
19:50 20/09/2020
anonim
Baik ka terimakasih, kalau untuk memuliskan BB tiap hari di diagram menimbang BB bagusnya pagi hari atau malam hari?
05:58 21/09/2020
pagi hari setelah bab dan bak ya kak. kalo ada efek kesel atau sebel setelah menimbang karna hasilnya naik dll timbangnya tiap minggu aja ya, karna massa tubuh kita memang naik turun tiap hari.
07:06 21/09/2020
anonim
Kalau untuk di grafik itu diisi nya tiap hari atau seminggu sekali?
17:06 22/09/2020
anonim
Kalau untuk snack sore selain sari bubur kacang, boleh oat ngga?
17:10 22/09/2020
grafik di isi seminggu sekali saja ya kak. biasanya hasilnya lebih fix daripada setiap hari. boleh kak yg penting bervariasi yaa,, bs selang seling ya kak bahan makanannya contoh : oats 2 sdm+yogurt = 120 kal, oats 2sdm+susu 2 sdm kalorinya = 160 kal, jus alpukat 1/2buah+gula 1,5 sdm dlm 250 ml kalorinya = 125 kal.
17:25 22/09/2020
anonim
Terimakasih banyak ka
19:58 22/09/2020
sama-sama kak, makan teratur, minum 2 liter, istirahat cukup ya agar metabolisme nya baik :)
20:18 22/09/2020
anonim
Ka maaf mau tanya kalau snack siang dan sore gapapa oats+susu?
15:34 27/09/2020
oats+snack untuk 1 x snack ya kak, snack lain di alokasikan ke buah-buahan 😁
17:07 27/09/2020
anonim
Baik ka, terimakasih banyak
21:12 27/09/2020
anonim
Ka kalau minum rebusan rempah-rempah boleh tidak?
11:40 02/10/2020
kalau rempah2 bukan keilmuan saya kak, itu keilmuannya ahli herbal 🙏
14:51 02/10/2020
anonim
Ohh iya ka
20:22 02/10/2020
anonim
Kalau seminggu target turun nya berapa ka?
20:23 02/10/2020
0.5kg sampai 1 kg seminggu kak
11:39 04/10/2020