[Masalah Berat Badan]
anonim
Dokter, saya ingin bertanya masalah berat badan. Saya termasuk dalam berat badan underweight. Saya sudah makan dengan teratur, gizi yang cukup, minum susu dan olahraga dok, akan tetapi berat badan saya tetap segitu segitu aja dok. Jadi sebaiknya apa yang harus saya lakukan agar berat badan saya meningkat dan normal dok?
05:45 14/09/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Saya perlu assessment lebih lanjut kak mengenai kondisi kakak, saya mulai ya 1. Sudah berapa lama makan dgn surplus kalori 2. Jelaskan kebiasaan makan dengan porsinya, untuk makan pagi, siang sore dan snack -> agar bs menghitung asupan yg masuk 3. Olahraga apa yg dijalani dan sudah berapa lama 4. BB, TB, umur dan aktivitas nya seperti apa? Mohon dijawab ya :)
11:16 14/09/2020
anonim
1. Semenjak bulan Mei tahun ini dok 2. Saya makan 3 kali sehari dok, pagi jam 9an, Siang jam 1an, malam sebelum jam 7 dok. Untuk 1 porsi biasanya 2-2.5 sendok nasi + ayam + sayur + lauk tambahan lainnya. Untuk snack terkadang saya makan buah-buahan, roti, pisang coklat, kerupuk. Untuk susu saya minum nya sebelum tidur dok. Dalam 1 bulan beberapa kali makan Indomie dan gorengan dok. 3. Untuk olahraga saya biasanya sepedaan dirumah 15 menit , terkadang yoga atau cardio dok 4. BB saya 45kg, TB 158cm, umur 23 tahun. Saya tidak terlalu banyak aktivitas dok. Hanya aktivitas rumahan dan terkadang sekedar pergi keluar sekedar jalan jalan. Ini jawaban saya dok🙂
11:44 14/09/2020
Halo kak mohon maaf atas keterlambatan menjawab. Dari anallisa saya, kalori yg masuk sudah lumayan ya, tinggal konsisten. susu sehari bs 2x, tambahkan oats di susunya, contoh 2 sendok makan oats (kasih air panas)+susu. Kemudian untuk olahraganya, Olahraga sepedaan joging biasanya membakar kalori agak banyak, jadi sebaiknya olahraga kardionya diganti yang resistance training ya kak, misal lunges, squat, di yutub banyak yg gunanya melatih otot. Cari gerakan yg mudah. Dimulai pendinginan 5 menit, dan gerakan seperti squat 1 menit rest 30 detik, lunges 1 menit rest 30 detik, dll dicoba 10 menit dulu. bila otot sudah kerasa tegang, segera lakukan pendingainan 5 menit, dan sudahi, recovery dengan makanan tinggi karbp, dan protein. Contoh : 06.00 Sarapan, air putih, 07.00 air putih - olahraga 20-30 menit saja, 08.00 recovery dengan susu 1 gelas, (porsi sesuai takaran label) dan roti tawar+selai coklat/ keju 1-2 potong. makan siang 12.00 Frekuensi 4-5x seminggu ya, bisa dinaikkan durasinya per minggu 10 menit, sampai stop konsisten di 30 menit, gausah lama-lama. Apakah sudah jelas?
12:48 17/09/2020
anonim
Insyaallah sudah jelas dok, terimakasih atas jawabannya dok. Jikalau saya rutin melakukan nya dok, berapa lama hasil nya akan kelihatan dok?
14:40 17/09/2020
Baik, sama-sama :) Sesuai teori bila surplus kalori 300 - 500 kal selama sebulan bisa naik 2kg, dan ini jg bisa sesuai bisa tidak karena banyak faktor yg tidak bs dikendalikan seperti kondisi tubuh bagaiamana, yg bisa dilakukan kita adalah surplus kalori dengan konsisten, dan hindari olahraga intensitas tinggi (contohnya : sampai nafas tersengal atau kram otot berhari2) ini termasuk olahraga intersitas tinggi.
19:52 17/09/2020
anonim
Apa stress mempengaruhi dok?
19:57 17/09/2020
iya berpengaruh,
20:14 17/09/2020
anonim
Apa apa saja yang dapat mempengaruhi nya dok?
20:16 17/09/2020
1. Stress 2. Aktivitas yg tinggi 3. Kurang tidur 4. Ada sakit infeksi atau sakit yg lainnya seperti hipertiroid 5. Asupan makan kurang dr kebutuhan kalori tubuh 6. Ada gangguan maag sehingga penyerapan gizi menjadi tidak optimal.
13:24 19/09/2020
anonim
Terimakasih atas jawabannya dok 🙂
08:23 20/09/2020
sama-sama kak
08:51 20/09/2020