[Masalah Berat Badan]
irna ramdiani IrnaRamdiani
Saya lagi program kehamilan, sudah 8 bulan saya menikah, setiap kali saya USG ternyata rahim saya bersih, tapi saya di anjurkan diet, sedangkan diet saya gagal terus, dari mulai diet mayo, dan tidak makan malam, mengurangi karbohidrat, dan kalau olahraga saya memang jarang, karna saya ibu rumah tangga dan jarang keluar, puasa 2 kali 1 minggu juga saya sudah jalankan, tapi semuanya tidak ada hasil. Kira kira Diet dan olahraga yang baik, aman, dan ga berat buat saya apa ya dok? Bb saya 93Kg tinggi 152 cm, dan golongan darah saya O dan saya punya penyakit maag. Tolong bantuannya ya dok
17:03 19/05/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Halo Bu Irna yang budiman,
terimakasih sudah berkunjung ke AhliGiziID.
setelah saya hitung Indeks Masa Tubuh Ibu adalah 40,25 artinya Obesitas. akan tetapi tidak perlu khawatir karena untuk kesempatan untuk menormalkan tetap bisa.
Berat badan idealnya adalah 46 kg bila dilihat dari tinggi badannya.
memang betul bahwa salah satu penyebab sulitnya memiliki keturunan adalah malnutrisi (status gizi lebih/kurang), akan tetapi itu bukanlah satu-satunya. mungkin ada faktor lainnya.
8 bulan adalah waktu yang terlalu singkat untuk menyimpulkan sulit/tidaknya hamil. biasanya dokter memastikan hingga usia pernikahan 1 tahun untuk menegakkan diagnosis tersebut. itupun dengan syarat suami-istri rutin melakukan hubungan badan setidaknya 2x/minggu.
saran saya fokus terlbih dahulu ke penurunan berat badan (baca: https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/12/terbaru_terpopuler/Diet-Penurunan-Berat-Badan ), sambil ikhtiar dan berdoa.
semoga segera dikaruniai anak yang shalih dan sehat :-)
salam
10:30 22/05/2018